Wednesday, 28 November 2018

Sarapan Pagi yang Asri di Canai Kuansing

Good Morning Good People!!!! Gw mau cerita sedikit tentang salah satu hidangan khas Melayu, yaitu Canai. Roti canai adalah sejenis roti pipih dengan pengaruh kuliner India yang banyak ditemukan di Malaysia, walaupun di beberapa tempat di Indonesia juga ada banyak.
Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara adonan roti berbentuk bulat segenggam tangan diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan. Biasanya roti canai asin disajikan dengan kuah kari, ada juga varian yang manis dimana biasanya diberi susu kental manis.
Kalau pagi-pagi sedang ingin sarapan canai di Pekanbaru, bisa mampir ke Canai Kuansing, karena beroperasi sejak pukul 07.00 pagi s.d. 12.00 siang. Kalo bisa datang lebih pagi karena takut kehabisan, udah datang pagi pun harus menunggu setengah jam karena pesanan sedang banyak. Untungnya suasananya asri dan segar karena pagi itu baru saja hujan.
Canai ini cukup banyak peminatnya, walaupun baru beroperasi dari tahun 2012. Dapat terlihat mahasiswa, karyawan, ataupun ibu-ibu di sana. 

Waktu gw tanya ke penjualnya, yang spesial adalah isi telur, di mana ini yang akan gw cicipi. Ternyata pilihan kuahnya hanya kuah polos kaldu ayam. Untuk canai isi telur dapat dibeli seharga Rp12.000,-, sedangkan canai polos seharga Rp10.000,-. 
Jangan lupa memesan teh tarik seharga Rp 7.000,- yang gak boleh dilewatin! Keliatan kan busa-busa semloheinya.

Cara pembuatan roti canai telur adalah adonan canai dipipihkan di pengorengan, lalu masukkan telur mentah di tengahnya, dan kemudian adonan ditutup kembali sambil digoreng. Ketika sudah matang seperti telur mata sapi di dalam roti canai. Teksturnya lembut dan “fluffy”, pas rasanya buat dicocol di kuah karinya.
Untuk rasa karinya dominan rempah sedikit pedas, terasa kaldu ayamnya. Walaupun kuah polos tetapi di karinya terdapat potongan kecil kentang dan ayam.

Ayooo ke Canai Kuansing silakan ke Jl. Diponegoro, Pekanbaru, mau sendiri atau rame-rame tetap asik! Kalau mau lebih gampang nemuin lokasinya, bisa ketik di google map, atau kalau udah sampe Bundaran Keris, lurus aja ke ujung (^o^)

No comments:

Post a Comment