Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Tetap Fit Setelah Liburan

Selasa, 27 Februari 2024

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Tetap Fit Setelah Liburan


Liburan panjang kemarin, saya baru saja berlibur ke Bali. Perjalanan yang ditempuh cukup panjang, dari Kuta sampai ke Kintamani. Kalau melihat di peta, hampir membelah Pulau Bali. Walaupun perjalanan tersebut menggunakan kendaraan sewa, sehingga tidak perlu semobil dengan orang lain, tetapi saya merasakan tubuh saya mulai terserang flu.

Ternyata benar, sesampainya di Balikpapan, saya bersin dan batuk tiada henti. Wah, daya tahan tubuh saya ternyata menurun. Sepertinya karena kelelahan yang disebabkan perjalanan panjang. Untungnya saya ingat Suplemen Kesehatan andalan yaitu Echinacea MPL.


review echinacea mpl


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Echinacea MPL

Seiring dengan bertambahnya usia, terasa sekali kondisi tubuh tidak lagi seperti masa remaja. Dulu begadang setiap hari ataupun hujan-hujanan mengejar kendaraan aman saja bagi badan. Ketika usia menginjak kepala tiga, badan jadi sering terasa lelah dan daya tahan tubuh menurun.

Oleh karena itu, Echinacea MPL 500 mg jadi andalan. Bukan hanya sekadar Suplemen Imun dalam kemasan, tetapi juga penyelamat ketika tubuh merasa lelah atau tidak fit. Apalagi kalau mulai terasa gejala sakit, biasanya saya langsung minum Suplemen Peningkat Imun ini.

Echinacea MPL 500 mg berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagai suplemen kesehatan dalam kategori Jamu, dengan kandungan 500 mg Ekstrak Echinacea Purpurea di setiap kapletnya, produk ini telah menjadi pilihan saya untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Selain itu, Echinacea MPL 500 mg telah mendapatkan sertifikasi Halal dan BPOM, memberikan kepercayaan tambahan dalam mengonsumsi Peningkat Imunitas ini.

Bagi saya, mengonsumsi Echinacea MPL 500 mg telah menjadi rutinitas sederhana dalam menjaga kesehatan. Dengan hanya mengonsumsi 1 kaplet setelah makan sekali sehari, saya merasa ini adalah cara yang efektif untuk merawat tubuh, terutama ketika tubuh memberikan sinyal bahwa sedang tidak fit atau mendekati sakit. 

Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi produk yang mengandung Echinacea purpurea sebaiknya tidak dilakukan secara berkelanjutan selama lebih dari 8 minggu. Alasannya sederhana, karena tubuh kita memiliki sistem kekebalan sendiri yang berfungsi dengan baik. Memang betul ada saat-saat ketika imunitas tubuh sedang menurun, saat itulah baru tubuh kita membutuhkan suplemen kesehatan.


suplemen kesehatan echinacea


Berbagai Fungsi dan Manfaat Echinacea sebagai Suplemen Daya Tahan Tubuh

Penggunaan Echinacea umumnya sebagai suplemen herbal untuk mengatasi serta mencegah infeksi pernapasan, seperti pilek dan flu. Ekstrak dari akar, batang, daun, dan bunga tanaman ini mengandung senyawa aktif. 

Terdapat tiga jenis zat aktif utama dalam tanaman herbal ini, yaitu flavonoid, polisakarida, dan asam fenolat. Ketiganya memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan imunomodulator.

Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Masyarakat zaman dahulu telah menggunakan tanaman ini secara tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Echinacea dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan, seperti makrofag, dan sel limfosit yang membantu tubuh melawan infeksi.

Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Pilek? 

Tanaman ini juga sering dipilih sebagai pengobatan alami untuk flu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan ini dapat mengurangi durasi dan keparahan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan. 

Echinacea memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, serta bermanfaat dalam mengurangi gejala peradangan kronis, seperti arthritis. 

Kesehatan mulut juga terjaga, karena ekstrak tanaman obat ini dapat membantu memerangi infeksi dan peradangan pada gusi. Manfaat lainnya termasuk meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.

Ada penelitian menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat membantu mengurangi gejala alergi, seperti pilek alergi atau asma alergi. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pelepasan histamin yang menyebabkan reaksi alergi.

Tanaman herbal ini mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolat. Kandungan tersebut bekerja dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang terjadi karena radikal bebas.

Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh setelah mengonsumsi Echinacea MPL. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya juga?


Info lebih lengkap mengenai manfaat Echinacea bisa dicek di sini:

https://www.halodoc.com/artikel/9-manfaat-echinacea-bagi-kesehatan-tubuh-yang-tak-banyak-diketahui

17 komentar :

  1. Meskipun gak sedang mau sakit, konsumsi Echinacea MPL ini aman yaa?
    Aku jadi penasaran juga dengan bunga Echinacea. Dan ternyata, bunga ini tumbuhnya di Amerika dan Eropa. Dan bagus untuk perkuat imun, karena berpotensi atasi flu dan radang tenggorokan.

    Jadi pingin ikutan stok di rumah..
    Haturnuhun ka Ratna. Sehat-sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga baru ngeh tanaman ini dari Amerika dan Eropa hihi, manfaatnya bagus lho

      Hapus
  2. Liburan itu judulnya identik dengan santai dan slay.... tapi kenyataanya malah sibuk ya mbak, hehe
    Sibuk jalan sana-sini, shopping, foto2, kulineran sampe capek.
    Selain bawa obat2an, memamg harus sedia vitamin deh klo liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget liburan malah heboh berkegiatan, kadang badan jadi kurang fit hihi

      Hapus
  3. tertarik juga buat mencobanya
    karena memang jaga tubuh biar tetap bugar itu perlu, terlebih saat sekarang ini kan musim hujan

    BalasHapus
  4. Saya juga sedang membutuhkan suplemen tambahan agar tubuh kembali bugar, secara terakhir-terakhir ini suka merasa kelelahan karena aktivitas gak imbang dengan asupan dan istirahat, semoga Echinacea jg cocok.

    BalasHapus
  5. Suplemen kesehatan emang penting banget buat jaga imun tubuh. Aku juga minum ini mbak. Golongan jamu herbal soalnya bagus. Kemarin abis sakit aku boost pake ini

    BalasHapus
  6. suplemen yang saya butuhkan, cari ah
    beberapa waktu ini kondisi tubuh saya mudah sakit
    Baru ketemu anak kecil yang sakit flu aja saya langsung sakit juga
    Butuh suplemen untuk nmeningkatkan imunitas tubuh

    BalasHapus
  7. Jujur saya salfok sama warna kapletnya, fuschia gitu, cantik ya. Dan iya banget nih, seiring bertambahnya usia saya juga mulai ngerasain penurunan daya tahan tubuh. Tubuh mudah lelah dsb. Kayaknya saya juga mulai harus ruitn konsumsi suplemen kayak Echinacea ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa cantik kapletnya, salah satu warna fave aku hehe, secantik khasiatnya

      Hapus
  8. Perjalanan selama di Bali pasti seru ya, Mbak. Dan walau tidak semobil dengan orang lain, tapi karena perjalanan jauh, pasti melelahkan juga dan membuat drop kondisi tubuh. Makanya memang harus waspada juga. kesehatan harus terus dijaga. Dengan suplemen pasti sangat membantu.

    BalasHapus
  9. Wah ada suplemen baru nih. Saya kadang butuh banget suplemen karen entah kenapa sekarang kok mudah saking. Echinacea ini bisa meningkatkan imunitas banget ya mba

    BalasHapus
  10. Liburan yang tujuannya buat recharge energi dan refreshing, jangan sampai baliknya malah bikin stress karena jatuh sakit ya mbak. Selain persiapan outfit, destinasi yang dikunjungi, dll..penting untuk sedia suplemen kesehatan juga, biar tetap fit sebelum berangkat, saat liburan, bahkan sekembalinya nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, selain sibuk nyiapin baju buat liburan, suplemen gak boleh ketinggalan

      Hapus
  11. Nah aku juga kalau habis perjalanan jalan-jalan biasanya sakit juga karena, keknya bener kata kakak di artikel ini, kelelahan selama perjalanan bikin kondisi fisik tubuh menurun dan perlu diobati. Salah satunya dengan konsumsi suplemen kayak Echinacea MPL yang terbuat dari tanaman herbal

    BalasHapus
  12. Saat liburan paling gak enak banget klo sakit menghampiri. Dengan rutin mengkonsumsi suplemen tubuh tentu bisa menjaga kesehatan dengan baik. Imunitas tubuh juga bisa terjaga dengan baik.

    BalasHapus

Popular Posts