Serunya Kelas Kreatif BUMN 2019, Dapat Banyak Ilmu (dan Hadiah)!

Wednesday, 20 March 2019

Serunya Kelas Kreatif BUMN 2019, Dapat Banyak Ilmu (dan Hadiah)!


Halo teman-teman semuanya! Hari ini saya mau cerita tentang kegiatan kemarin di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Jadi, pada hari Selasa tanggal 19 Maret 2019, sejak pagi hari sudah dilaksanakan Kelas Kreatif BUMN 2019, dengan penyelenggara utama Pelindo 1.
Kaya gimana sih acaranya?
Seru gak? Tau gak sih kalau saya sempat salah lokasi? Untung gak telat, mungkin karena terlalu semangat jadi salah baca hahaha!Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun BUMN yang ke 21 tahun.
Acara dibuka dengan video kinerja BUMN 2019 membangun negeri. Saat ini, BUMN sedang proses sinergi antar perusahaan, sehingga masyarakat bisa lebih makmur. Terutama dengan profit yang terus meningkat.
Setelah itu, kelas pertama dimulai dengan sesi Motivasi Wirausaha oleh James Gwee. Pertama, beliau menjelaskan peta Asia Tenggara dengan slogan “Right Time, Right Place, Right Skills.” Artinya kita beruntung lahir di tempat dan waktu yang tepat untuk meraih potensi sukses, karena saat ini Asia Tenggara sebagai jalur perdagangan utama, terutama sampai tahun 2030. Tapi selain itu, dibutuhkan kemampuan dari kita (skill), selain memanfaatkan berkah dari Tuhan (time and place). Btw, uang Rp10.000,- ini aku berhasil dapet loh dengan tukar sama uang Rp2.000,-, walaupun pakai perjuangan lari cepet-cepetan. Hayo kenapa tuh? Apa makna dibaliknya? Itu simbol dari apakah kamu rela memberikan modal untuk meraih profit lebih banyak. Nah apakah semuanya juga bakal dapat kalau punya modal? Tentu saja juga harus cepat dan berani.


Selain itu, ada analogi baru nih, yaitu bisa gak kamu bikin lapis surabaya dalam 4 hari? Hadiahnya tanah 15 hektar hahaha. Gimana caranya biar bisa? Apakah mikir sendiri dengan beli asal bahan baku dan diaduk semua? Tentu saja kita harus cari tahu dari ahlinya, silakan cari di buku, internet, atau ikut kursus singkat. Analoginya seperti kita dapat bisnis yang menggiurkan, jangan asal dikerjakan, rugi modal keluar banyak tapi sasaran salah. Selain tau ilmunya, jangan lupa dipraktekkan yah, latihan tiada henti biar tambah mantap! Masa sekarang sudah mudah, informasi krusial tidak hanya dipegang upperclass, semuanya bisa mengakses. Informasi saat ini bisa diperoleh dengan instant dan gratis karena teknologi, jangan lupa internetnya on yaah hehehe.


Di puncak acara, hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Riau Syamsuar, beserta jajaran direktur utama BUMN, antara lain Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan lainnya.
Menurut Bu Rini, BUMN harus bisa berbagi dengan masyarakat dan menciptakan program-program yang bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Diharapkan kelas kreatif BUMN ini dapat membantu masyarakat untuk belajar hal baru dalam memulai usaha.
Selain itu, Bapak Bambang Dirut Pelindo 1 menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai program meningkatkan wawasan, keterampilan, kompetensi dalam menghadapi persaingan global. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi Pelindo 1 untuk turut menginspirasi masyarakat untuk terus berkarya positif dan mendukung kreativitas masyarakat, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.
Sesi tanya jawab lalu dibuka, dan 10 pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh para Dirut BUMN. Peserta yang pertanyaannya terpilih lalu memperoleh hadiah menarik berupa laptop dan tablet. Alhamdulillah saya dapat rejeki laptop! Lumayan kaget ketika pertanyaan saya dibacakan pertama kali. Terimakasih banyak (^o^)

Ini dia foto dengan pemenang yang beruntung dan para pejabat ehehehe, sumber foto dari www.dnaberita.com, terima kasih banyak! Buat yang penasaran mau tau pertanyaan berhadiah laptop, ini dia pertanyaanku: Apakah ada rencana kerjasama cross sectoral antar BUMN yang melibatkan Pelindo 1? Contohnya seperti perbankan BUMN, atau dengan industry kreatif dan lainnya? Dan jawaban yang diberikan oleh Dirut Pelindo 1 adalah sudah ada, seperti penggunaan Link Aja sebagai sarana pembayaran cashless.
Tau gak kalau pelabuhan di Indonesia sudah mulai memberlakukan cashless? Modern banget yaah! Mau tahu di mana? Untuk program awal di Pelabuhan Sri Bintan Pura, semoga berlanjut di tempat lainnya ya.
Untuk yang belum terpilih pertanyaannya jangan bersedih, karena ada doorprize berhadiah tablet dan handphone. Selain itu, bagi yang sudah memakai aplikasi LinkAja, ada top up Rp500.000,- bagi yang  beruntung.

Setelah makan siang, peserta dibagi menjadi 4 bagian yang masing-masing mengikuti kelas kreatif yang dipilih. Kelas itu terdiri dari digital marketing, kuliner, make up dan barista. Kami sebagai rombongan blogger sempat masuk ke semuanya. Dan menarik sekali ilmu yang diberikan. Sebagian besar adalah pengalaman mereka ketika menekuni bisnis hingga akhirnya sukses sampai sekarang.

Sebelum pulang, team blogger foto bareng. makasih banyak buat Melati atas foto-fotonya yaahh! Semoga cerita ini dapat menginspirasi pembaca. Saya berterima kasih kepada panitia yang telah mengundang saya, dan juga kamu sebagai pembaca setia blog ini. Tetap semangat!!

4 comments :

  1. Semoga tahun depan ada lagi dan kelasnya nambah, kelas bikin kerambah seru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita berkesempatan ikut acara seru kaya gini lagi yaah!

      Delete
  2. Iyaaa seru banget loh acaranya ternyata yaa mbak, ga nyangka juga bisa rame banget. Antusiasnya luar biasaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kali ini sebagai pegawai ex bank gw liat pejabat rame banget hahaha, biasanya mentok lihat dirut bank guweh ajah hahaha!

      Delete

Popular Posts