Liburan Asyik di Jawa Timur 3 Hari: dari Kota, Gunung, sampai Pantai!

Sunday, 10 March 2019

Liburan Asyik di Jawa Timur 3 Hari: dari Kota, Gunung, sampai Pantai!


Bagaimana kesibukan teman-teman? Apakah sudah jenuh beraktivitas dan kangen untuk liburan? Kayaknya udah waktunya menyusun Resolusi Traveling 2019 nih. Menurut kalian, paling enak liburan ke mana? Apakah perkotaan modern yang bisa dipakai buat shopping barang branded? Jujur nih, selama di Pekanbaru saya kangen ke mall canggih ibukota hehehe. Atau ke pegunungan yang adem dan asri? Wahh ini juga pengen, panas cuy di sini, udah kangen sama yang adem-adem tapi gak cuma berdiri di depan kulkas. Tapi sebenernya saya juga pengen ke pantai, berenang di laut, dan main di pasir. Soalnya ngeliat Sungai Siak masih kurang puas. Hahaha dasar manusia.
Terus enaknya liburan ke mana ya? Padahal waktu yang tersedia gak banyak. Setelah putar otak dan browsing kesana-sini, saya baru ingat kalau di Jawa Timur bisa menyediakan semuanya. Mantap betul gak bro? Liat aja fotoku ini, pemandangan sakura ini bukan di Jepang lho, tapi di Jatim Park 3. Lumayan kan kalau dipasang di sosmed, jadi mirip sobat kaya hahaha!

Nah daripada penasaran dan bingung, saya coba bantu susun itinerary-nya selama 3 hari ya. Ini semua terinspirasi dari blog RedDoorz tentang lokasi liburan. Silakan mampir ke sini kalau mau cari ide juga. Btw, ini semua belum termasuk waktu perjalanan menuju ke tempat lokasi. Jadi semua kegiatan asumsinya dimulai dari pagi hari dan selesai pada malam hari. Kalau kaya saya yang pesawat dari Pekanbaru ke Jawa Timur terbatas, bisa nambah 1 sampai 2 malam. Tapi jangan takut sama biaya penginapan, karena kalau kita pakai RedDoorz terjangkau dan nyaman kok (^o^)


Hari ke-1: Surabaya dan Madura
Pagi hari di Surabaya bisa dimulai dengan berjalan keliling kota menggunakan naik Suroboyo Bus. Tahu gak kalau bus yang nyaman ini dibayar menggunakan sampah plastik lho. Lumayan bisa keliling kota Surabaya dengan hemat. 
Kita bisa melihat bangunan bersejarah seperti Hotel Oranje (saat ini bernama Hotel Majapahit) yang legendaris saat kejadian 10 November 1945. Selain itu bisa mampir ke daerah Jembatan Merah tempat bangunan bersejarah dipugar. Di dekat sini, terdapat Museum Rokok yang unik, silakan mampir.
Puas berjalan-jalan, puaskan hasrat berbelanja di Jembatan Merah Plaza. Menurut info, kalau mau mencari batik bisa di sini, jangan lupa ditawar harganya ya. Dari mulai batik madura sampai Pekalongan ada semua. Mencari barang branded? Langsung berangkat ke Tunjungan Plaza. Mall ini salah satu yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. Bayangkan, pengembangannya sudah berkali-kali, yang terakhir sudah ada Tunjungan Plaza 6. Siapkan tenaga ekstra untuk menjelajah di sini. Barang mewah bermerk yang ehem, harganya puluhan juta, bisa ditemukan di sini. Sobat kaya pasti senang main ke sini, gak kalah sama Jakarta atau Singapore!
Jangan lupa mampir ke Jembatan Suramadu, icon kebanggaan masyarakat Surabaya. Jembatan ini menyambung tanah Jawa dengan Pulau Madura. Kalau mau makan bebek di Madura, sebaiknya siang hari sudah ke sana. Tetapi kalau hanya ingin menikmati keindahan jembatan, disarankan malam hari agar dapat melihat lampu warna-warni, selain itu udara lebih sejuk.
Malam akhirnya menjelang, saatnya beristirahat di hotel RedDoorz. Banyak pilihan terjangkau di Surabaya. Selain itu, karena besok bakal perjalanan panjang, jangan lupa browsing dulu tips wisata RedDoorz. Silakan mampir ke sini.

Hari ke-2: Gunung Bromo dan Taman Wisata daerah Batu
Dini hari dari Surabaya, sudah harus bersiap berangkat ke Gunung Bromo. Selamat tinggal kasur nyaman, karena kalau mau melihat pemandangan terindah adalah pada saat matahari terbit. Perjalanan dari Surabaya kurang lebih memakan waktu 3 jam. Udara sangat dingin, jangan lupa siapkan jaket super tebal, tetapi di sana juga ada penyewaan kalau lupa membawanya. jangan khawatir, rasa kantuk mudah dikalahkan dengan pemandangan indah di pelupuk mata. Sensasi paling seru adalah naik jeep menuju puncak. Kalau mau melihat kawah, bisa jalan kaki sampai puncak atau naik kuda di padang pasirnya.
Sebelum tengah hari, langsung berangkat ke daerah Batu, karena di sini banyak tempat wisata menarik. Sayangnya waktu terbatas, jadi saya bantu pilih. Kalau rekomendasi saya untuk waktu singkat, memilih ke Jatim Park 3. Di sini banyak sekali spot buat hunting foto. Seperti foto paling atas, ceritanya liburan ke Jepang padahal masih di Indonesia hehehe. Di Jatim Park 3 ada banyak zona, antara lain Dino Park, The Legend Star Park, Museum Musik Dunia, Fun Tech Plaza, dan lainnya. Ini adalah foto kami di Dino park, asyik kan bisa pose bareng T-Rex? 
Nah kalau wahana paling luas adalah di zona The Legend Star Park, karena selain bisa merasakan “keliling dunia”, bisa juga pose bareng tokoh ternama. Kaya fotoku ini, pose bareng Terminator hahaha! Ada banyak zona negara, seperti Jepang, Belanda, USA, India, dan lainnya. Zona entertainment juga banyak pilihan, dari bintang olahraga, kartun, film action, tokoh terkenal, dan sebagainya.

Lelah badan penat perjalanan seharian terobati di penginapan nyaman ala RedDoorz. Silakan pilih kota Malang di aplikasi RedDoorz, dan kamu bakal nemuin hotel sesuai preferensimu. 

Hari ke 3: Pantai di Malang Selatan dan Menikmati Kota Malang dan Batu
Setelah kemarin sibuk berdingin-dingin ria, kali ini berangkat ke pantai! Siapkan baju tipis dan menyerap keringat, sandal, topi atau kacamata hitam buat menghalau sinar matahari. Biar tambah keren juga kalau difoto juga hehehe. Berangkatnya pagi hari ya, karena perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam.
Kalau kita lihat di peta, di sekitar Malang Selatan ada banyak pilihan pantai, dan semuanya terkenal. Pilihan pertama adalah Pantai Goa Cina. Keberadaan goa di pantai ini terletak di sisi kanan pantai sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Ruangan di dalam goa juga cukup lebar, bisa untuk dua orang berjalan beriringan. Selain populer dengan keberadaan goanya, pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni terjadinya gelombang bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, selatantimur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh. Sudah tersedia berbagai fasilitas di pantai ini, misalnya warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir.
Pilihan lainnya adalah Pantai Balekambang. Daya tariknya adalah gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir yang luas. Pantai ini selain sebagai wisata alam, juga bisa disebut sebagai tempat wisata religi. Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat Pantai Balekambang menjadi seperti sekarang. Setiap tanggal 1 Sya’ban, peziarah datang ke makam yang berada terpencil di tepi Kali Berek, jaraknya sekitar 1 km sebelum masuk pantai dari arah Bantur. Selain itu, umat Hindu pun menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali pada hari raya Nyepi. Lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo. Pulau ini menjorok masuk dari bibir pantai sekitar 70 meter yang dihubungkan dengan jembatan. Keberadaan pura ini bagai magnet tersendiri bagi wisatawan.
Setelah lelah bermain di pantai, siap-siap balik ke kota Malang. Ada banyak cafe asyik menanti di sini. Cocok sambil minum kopi menikmati sore hari, ditemani musik indie ha! Kalau tenaga masih tersisa, ganti baju di hotel dulu, ambil jaket hangat dan bersiap ke Batu Night Spectacular (BNS). Ini akan menjadi penutup terindah liburan kali ini. Cahaya lampu warna-warni menghiasi malam. Mau melengkapi koleksi foto? Masuk ke Taman Lampion. Mau menguji adrenalin? Ada banyak pilihan wahana ekstrim di sini. Seru banget!
Akhirnya saatnya pulang ke hotel karena malam semakin larut dan berakhir sudah rangkaian 3 hari liburan seru di Jawa Timur. Tahu gak sih kalau memesan kamar di RedDoorz sudah terjamin kenyamanannya? Karena ada 6 guarantee service dari RedDoorz, yaitu linen bersih, kamar mandi bersih, perlengkapan mandi, televisi, air mineral dan WI-FI gratis. Wah mantap banget yaaa! Selain itu, perlengkapan mandinya juga boleh dibawa pulang loh. Duh asyik banget dapat souvenir dari RedDoorz , istirahat juga nyaman lagi. Pulang dari liburan, badan tetap segar!

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi teman-teman semua. Terima kasih sudah mampir membaca blog ini. Kalau ada masukan atau pengalaman berlibur, boleh share di kolom komentar ya. Jadi, liburan nanti mau ke mana? Sampai ketemu lagi :D

12 comments :

  1. Dari dulu pengen ke Jatim, punya bbrp teman disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ada rumah di Surabaya, kapan-kapan mampirlah ke sana :D

      Delete
  2. Lengkap banget ya kalo ke Jawa Timur. Waaaahh keknya bisa masuk list next trip, makasih yaa mbak nae infonyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap tapi butuh tenaga ekstra kalau mau dapet semua hehehe.. Mudah2an gak pegel2 hehehe.. Aku nyoba gak pakai ke pantai aja lumayan capek :))

      Delete
  3. Pengen ke pantainya hehe dari dulu pengen banget ke Malang. Liat foto2 temen lainnya jadi mupeng wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayokss mari sisihkan waktu, soalnya aku juga belum sempat terus, padahal 5 tahun tinggal di Surabaya :))

      Delete
  4. jadi pengen liburan kesana lho mbaaa, kereeeen !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ke sana, sowan ke tanah karuhun dulu di Sunda wkwkwk.. :D

      Delete
  5. Duh pengin balik ke Malang lagi setelah lihat postingan Kak Nae. Aku dulu belum kesampean datang ke BNS padahal pengin bangeeeet.
    Terus kangen bakso Malang juga. Aaaaak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh arek Ngalam? Kuliah atau emang tinggal di sana? enak yaa udaranya dingin, sekarang banyak tempat main lainny ayang masih baru loh hehehe..

      Delete
  6. Punya impian kalau jalan ke Jatim target wajibnya ke Batu. Lihat penjelasan kakak jadi makin pengen kesana.

    ReplyDelete
  7. Waaa daerah2 jajahanku dlu kwkwkwkw thanksss Infonya Na

    ReplyDelete

Popular Posts