Review Bhumi HPR Retinol Serum

Kamis, 31 Desember 2020

Review Bhumi HPR Retinol Serum


Halo cantik, kali ini aku mau share produk yang lagi aku pakai beberapa minggu ini. Yak benar sekali, aku mencoba produk terbaru dari Bhumi, yaitu HPR Retinol Serum. Karena usiaku sudah mencapai 30 tahun, aku sering mencoba produk serum berbahan dasar retinol. 

Retinol dipercaya bagus untuk anti aging, nah pas aku tahu Bhumi mengeluarkan produk HPR Retinol Serum, aku gak sabar mencoba. Ini dia review pemakaian aku ya, bakal aku jelaskan secara detail.


Kemasan Bhumi HPR Retinol Serum

Produk ini hadir di dalam kardus bernuansa warna merah dan putih. Terdapat keterangan cara pemakaian dan komposisi bahan baku. Saat dibuka, terlihat botolnya. Warna merah maroon menghiasi seluruh botol. Walaupun botol terbuat dari plastik, tetapi terkesan kokoh dan tidak murahan.

Botol ini di bagian atasnya terdapat pump. Cukup dipencet saja maka produk langsung keluar. Cukup praktis dan mudah. Pastinya ketika mengaplikasikan serum jadi lebih mudah.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Serum ini berwarna kuning muda susu, tidak bening sama sekali seperti serum pada umumnya. Teksturnya seperti gel dan cream, pastinya tidak lengket atau berminyak. Setelah diaplikasikan ke wajah, mudah meresap ke dalam kulit. 

Aromanya seperti vitamin C, jadi seperti bau obat tetapi ada hints jeruk atau lemon. Intinya enak sih bukan obat kimawi yang bikin mual. Kalau di aku nyaman jadi pakainya karena aromanya tidak mengganggu.




Kandungan Bahan Baku

Produk ini memiliki kandungan bahan baku yang baik untuk kulit beserta khasiatnya masing-masing.

2% Retinol Complex dengan 1% HPR (Hydroxypinacolone Retinoate) dan 1% Retinol sebagai 2 jenis Retinol (medium strength). Efek penggunaan yang minim iritasi dan tidak menyebabkan kering yang berlebihan. Dapat mencegah penuaan dini, menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan flek hitam, serta mencerahkan kulit wajah akibat hiperpigmentasi pada kulit tanpa membuat iritasi kulit. Retinol Complex sebagai formula yang stabil tanpa membuat kulit wajah sensitif dan iritasi memiliki tekstur lembut, yang memberikan regenerasi pada kulit dengan cara lebih baik dan aman.

2% Honey and Camellia Flower Extract: Melembutkan kulit dan menenangkan kulit seperti gangguan inflamasi dan peradangan pada kulit.Memiliki peranan penting untuk memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit (skin barrier), dan bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan polusi. 

1% Ferulic Acid  : Antioksidan yang berfungsi untuk detox pada wajah, membuat wajah lebih lembut dan menenangkan kulit.

Prickly Pear Stem Extract : Bekerja sebagai anti oksidan untuk menghindari kulit dari radikal bebas dan polusi, serta memperkuat skin barrier.

Wild Pansy Extract : Menenangkan kulit dari peradangan akibat jerawat atau iritasi pada kulit.

Prickly Pear Stem Extract, Wild Pansy dan 1% Ferulic Acid membantu produksi kolagen pada kulit, menghasilkan kulit wajah menjadi lembut dan sehat.


Komposisi :

Water, Butylene Glycol, Glycerin, Honey, Pentylene Glycol, Polysorbate 20, Polyquaternium-37, Ferulic Acid, Panthenol, Dimethyl Isosorbide, Phenoxyethanol, Paraffinum Liquidum, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Styrene/Acrylates Copolymer, Chlorphenesin, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Viola Tricolor Extract, Hydroxypinacolone Retinoate, Trideceth-6, Sargassum Fulvellum Extract, Caprylic/Capric Triglyceride, Brassica Campestris Flower Extract, Camellia Japonica Flower Extract, Centaurea Cyanus Flower Extract, Cosmos Sulphureus Flower/Leaf/Stem Extract, Magnolia Kobus Flower Extract, Narcissus Pseudo-Narcissus Flower Extract, Rosa Hybrid Flower Extract, 1,2-Hexanediol, Retinol, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Tetrasodium EDTA, Dextran, Sodium Metabisulfite, Trifluoroacetyl Tripeptide-2.



Cara Penggunaan Serum

Tekan 1-2 pump pada telapak tangan dan aplikasikan pada kulit wajah dan leher sampai meresap.

Untuk pengguna awal : Gunakan dua hari dan jeda 1, pada satu minggu pertama di malam hari. Secara bertahap tingkatkan penggunaan menjadi setiap hari di malam hari. Layer serum ini dengan penggunaan Moisturizer atau Face Oil Bhumi.

Untuk pengguna retinol (Advanced) : Gunakan setiap hari pada waktu malam dan layer serum ini dengan penggunaan Moisturizer atau Face Oil Bhumi. 

Untuk kulit sensitive : Aplikasikan pada area di bawah nadi  tangan atau area kulit wajah seukuran kecil (patch test) selama dua hari berturut-turut. Jika tidak ada tanda-tanda sensitif seperti kemerahan atau gatal, serum dapat digunakan pada kulit wajah seperti yang telah diinstruksikan.

Kalau aku sendiri memakain ini tidak setiap hari, biasanya 3 hari sekali. Soalnya kulitku lumayan sensitif. Tapi untungnya aman dan gak ada efek samping kok.

Retinol menyebabkan kulit wajah menjadi lebih sensitive terhadap cahaya matahari. Gunakan tabir surya pada keesokan harinya untuk mencegah iritasi pada kulit dan membuat serum bekerja secara maksimal pada malam hari. 

Hindari penggunaan serum ini bagi perempuan yang sedang mengandung atau menyusui. Untuk penggunaan pada luar kulit, dan hindari kontak dengan mata atau area sensitive lainnya. Jika terjadi kontak, segera bersihkan dengan air. 


Kesimpulan Produk Bhumi HPR Retinol Serum

Anti-Aging Series Bhumi merupakan rangkaian produk (Serum dan Face Oil) yang dibuat dengan fungsi untuk menghindari penuaan dini, memperbaiki sel kulit, mempercepat proses regenerasi kulit dan acne treatment dengan Time Reverse Formula. 

Biasanya anti aging itu komposisi bahan bakunya beda dengan serum acne. Nah pas dengar produk ini bisa juga untuk acne treatment, asli happy sih hehe. 



Konsep series ini dibentuk sebagai solusi permasalahan customer dalam penggunaan bahan anti-aging terutama Retinol, dimana sering kali penggunaan bahan aktif Retinol dapat menyebabkan sensitizing, drying atau iritasi. 

Bhumi membuat produk dengan formulasi penggunaan bahan aktif Retinol yang diisi dengan buffering ingredients yang tinggi, sehingga mengurangi potensi iritasi. Terlebih lagi, Retinol memiliki batasan pengguna dimana ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) tidak dapat menggunakan Retinol sebagai solusi penggunaan anti-aging. 

Melihat adanya kebutuhan dan permasalahan yang timbul dalam pencarian dan penggunaan anti-aging ingredients tersebut, maka Bhumi dalam series ini membuat produk Retinol Alternative, dimana produk dalam bentuk Face Oil memiliki kandungan yang seperti retinoid, yang ditemukan di dalam kandungan Bakuchiol Oil dan PHA. 

Series ini bisa dijadikan sebagai pilihan produk bagi beauty enthusiast dalam menggunakan produk Anti-Aging, dan mencakup ke range umur dan klasifikasi golongan pengguna skin care yang lebih luas.

Menurutku, pemakaian yang rutin dapat meningkatkan kualitas kulit. Misalnya kulit terasa lebih lembut dan halus. Kebetulan aku cocok dan tidak alergi dengan retinol, jadi tidak ada efek samping yang aku temukan.

Silakan kalian coba pakai juga, karena menurutku, produk ini merupakan salah satu skincare anti aging yang wajib dicoba karena terasa banget premiumnya. Seperti memakai produk high end luar negeri.

36 komentar :

  1. wah bhumi ini lumayan pricey ya kalau nggak salah, tapi aku naksir hahaa soalnya ada retinol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. retinol emang cucok banget buat yang lagi cari anti aging hehe

      Hapus
  2. naksir nih sepertinya aku mulai butuh retinol nih, penasaran sama efeknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemakaian rutin bisa mengurangi kerutan halus hehe

      Hapus
  3. belum pernah nyobain produk Bhumi ini, tapi teman pernah review ini katanya bagus, suka dengan warna desain kemasannya, cakep

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu ada merek ini. Memang lagi nyari serum nih aku. Nah, aku engga cocok soalnya ama Retinol, kulit jadi merah-merah. Makasih reviewnya, jadi makin faham tentang serum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga review ini bermanfaat

      Hapus
  5. Kayanya saya harus pakai Bhumi
    HPR Retinol Serum nih
    Nggak berani keluar rumah untuk facial bikin wajah kering kurang vitamin 😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. FYI serum ini untuk malam hari ya mbak, jangan dipakai pas siang hehe

      Hapus
  6. Saya jadi lenih paham tentang retinol setelah baca ini. Boleh juga nih saya cobain ini. Kelihatannya memang bagus

    BalasHapus
  7. Dengan umurku yang sekarang 31 tahun ini, perawatan seperti ini, apalagi bisa dilakukan dirumah, penggunaan serum anti aging, harus kayaknya ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama umur kita beda tipis hihi, iya nih udah waktuny amencoba serum anti aging kita!

      Hapus
  8. Wah mantaps nih jadi penasaran dengan produk Bhumi ini, aku sudah mulai berumur nih perlu banget anti aging....hehe..

    BalasHapus
  9. Baru tau ada produk kecantikan dengan jenama BHUMI. Mau coba liat lagi ah serum rhetinol nya. Baunya orange atau lemonnya pasti menyegarkan banget itu. Salah satu wewangian favorit saya.

    BalasHapus
  10. Brand-nya ciamik bangeettt BHUMI.
    Sukaaak aku dgn namanya.
    Dan ini cocok bgt ama kulit (mayoritas) wanita Indonesia yaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. didesain untuk kulit wanita indonesia hehe

      Hapus
  11. Bhumi, baru dengar ada merk ini. Belum pernah lihat juga wujud aslinya.
    Jadi kosmetik dengan kandungan retinol itu nggak direkomendasikan buat ibu hamil dan ibu menyusui ya mbak?

    BalasHapus
  12. produk penuaan memang cukup menarik buat dicoba, apalagi usia sudah tidak mudah lagi mbak.

    aku perlu belajar juga ah review skinkare hehe

    BalasHapus
  13. Ini tuh pernah lihat di temanku juga yang lagi pakai skincare dari Bhumi ini. Baca reviewnya jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  14. ternyata seru banyak jenisnya ya mbak
    dan saya jadi paham tentang serum retinol setelah baca ini, terima kasih banyak ya mbak informasinya
    next mw coba juga ah

    BalasHapus
  15. Namanya kok keren ya BHUMI, berasa natural banget gitu *apasih

    iya semua serum produk yang bertujuan mengkinclongkan kulit waajah, pasti disukai banyak wanita ya

    BalasHapus
  16. Aku lagi nyari retinol anti-aging nih.. Cuma penggunaan retinol biasanya harus dibarengi dengan moisturizer biar kulit gak kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes betul sekali, terutama untuk yang kulitnya kering

      Hapus
  17. baru dengar skincare ini, mba.. namanya membuatku teringat nama anaknya hanung sutradara itu lho hahaha persis juga pelafalannyaa

    BalasHapus
  18. Aku pernah denger brand ini dari sg tasya farasya katanya emang bagus ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yaa, jadi mau lihat reviewnya kak tasya juga deh hehe

      Hapus
  19. Serum model packaging kayak gitu baru aku temuin di bhumi mba, hehehe
    Ini penting banget ya, kalau lebih cepat meregenerasinya ya. Bisa dipake dengan cakupan usia luas pula bisa pake berdua sama ibuk heheh

    BalasHapus
  20. aku lagi mempertimbangkan buat menggunakan rangkaian skincare yang ada unsur retinolnya, meski aku tau pasti bakalan bikin kulit wajah glowing, sesehat itu

    BalasHapus
  21. Dengan menggunakan serum yang tepat untuk kebutuhna kulit, Bhumi HPR Retinol Serum bisa jadi pilihan untuk range usia 30+ yaa, kak...
    Kemasannya sangat menariik, cantik.

    BalasHapus
  22. aku belum pernah coba niiih mba dan kayaknya memang oke ya untuk kita coba nih produk yang satu ini

    BalasHapus
  23. Packaging nya lucu banget mbak, aq belum pernah liat yang kayak gini. BTW kandungannya bagus buat kulit ya mupeng deh jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oas liat kemasanny aaja aku langsung naksiiirr berat hehe

      Hapus
  24. Retinol kayaknya bakal jadi primadona tahun ini. Aku jg berencana mau stop asi dan nyoba 😍

    BalasHapus
  25. pas banegt nih lagi nyari serum buat anti aging. kayaknya aku harus coba nih skincare Bhumi ini

    BalasHapus
  26. Wah, retinol serum. Produk yang lagi jadi favorit aku nih. Iya banget, untuk yang udah masuk usia 30-an mah, perlu banget nih pake produk berretinol ya. Ini bisa buat acne treatment, ya? Berarti buat kulit berminyak. Kulit wajahku kering banget. Mungkin kurang cocok kalo pake Bhumi HPR Retinol Serum ini.

    BalasHapus

Popular Posts