Mencegah dan Mengelola Diabetes di Masa Pandemi Covid-19

Senin, 28 Desember 2020

Mencegah dan Mengelola Diabetes di Masa Pandemi Covid-19


Hai, jadi aku baru aja nonton webinar yang keren banget! Dalam rangka bulan awareness diabetes pada bulan November, kita diingatkan lagi bahwa bahaya penyakit ini nyata lho.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kebanyakan orang jadi hanya fokus dengan Covid-19 tanpa menyadari banyak penyakit berbahaya lainnya yang perlu diperhatikan. Selama pandemi, jumlah penderita diabetes di seluruh dunia bertambah. Sedangkan, penyakit ini bisa berdampak buruk bagi orang yang tertular Covid-19.

 


Pada acara Sun Life D-Talks: Let Talk about Diabetes bersama Sun Life kita dijelaskan tips untuk menangkal diabetes, dari mulai makanan yang dikonsumsi sampai olahraga. Dijelaskan juga bagaimana diabetes bisa meningkatkan risiko kematian pasien Covid-19.


Apa Hubungan Penyakit Diabetes dengan Pandemi Covid-19?

Karena pandemi ini, penderita diabetes banyak yang menunda check-up ke dokter. Sehingga, banyak penderita yang kadang melupakan atau skip aturan penyembuhan diabetes. Beberapa ada yang tambah stress, makan lebih banyak (tanpa melihat kandungan gizi dan gula), mengurangi rutinitas olahraga, dan sebagainya. Sehingga semakin memperparah penyakit diabetes yang diderita.

 


Bagi yang belum terkena diabetes juga sama saja. Karena pandemi, otomatis lebih banyak kegiatan di rumah. Kadang lebih sering memberikan reward untuk diri sendiri dengan makanan enak yang manis-manis. Risiko terkena diabetes pun meningkat.

Menurut data yang didapatkan dari 700 pasien Covid-19 (Maret-Mei 2020) oleh Dr. Karyono di Journal of Community Empowerment for Health, Diabetes Melitus menduduki peringkat kedua dari penyakit penyerta pada infeksi Covid-19 di Indonesia.

Penyakit Covid-19 lebih tinggi risiko kematiannya jika pasien menderita diabetes, dibandingkan yang tidak. Fungsi sel darah putih menurun diiringi respon imun yang lebih lambat. Padahal cara mencegah dan mengobati penyakit Covid-19 adalah imunitas tubuh yang baik.


 

Untuk itu, perlu adanya pemahaman serta pengetahuan yang cukup untuk bisa membantu orang-orang mengendalikan dan mencegah diabetes, terutama selama masa pandemi.

Sun Life Indonesia, menjadi salah satu perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap diabetes. Ditunjukkan dengan komitmennya melawan diabetes sejak tahun 2015. Beragam program sudah dijalankan, terutama melalui kolaborasi bersama RSCM.


Kelola Diabetes dengan Kontrol ABC 

Tahun ini, Sun Life bersama dengan RSCM dan Tropicana Slim kembali berkolaborasi mengadakan webinar dengan tema: Mengelola dan Mencegah Diabetes selama Pandemi. Ada tiga pembicara, Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD, Rendy Dijaya, dan Soraya Larasati. Dipandu oleh Host dari Sun Life Indonesia, membahas mengenai topik tersebut.

Perkenalkan, ABC Health Check yang dianjurkan oleh Sun Life Indonesia! Dengan pemeriksaan praktis ini, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini. Bukan hanya risiko diabetes, tapi juga risiko sakit jantung atau darah tinggi yang bisa saja saling berkomplikasi dengan diabetes atau penyakit lainnya.


 

1. A1C Hemoglobin Test

Test ini memberikan indikasi yang akurat mengenai rata-rata kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir

Test ini berfungsi untuk mengukur persentase hemoglobin yang terikat dengan glukosa, semakin banyak glukosa yang terikat pada hemoglobin, maka kadar gula darah akan semakin tinggi.

Kadar HbA1C yang lebih rendah dari 6.5% menandakan kadar gula darah normal.


2. Blood Pressure Test

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu indikator penting untuk terhindar dari gangguan kesehatan seperti risiko penyakit jantung, stroke, dll. Tekanan darah yang normal adalah 110/70 mmHg sampai 120/80 mmHg.


3. Cholesterol Test

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah mengakibatkan penumpukan plak yang berujung pada penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Hal inilah yang berakibat pada komplikasi penyakit yang tidak diinginkan di kemudian hari. 




Tetap Berolahraga dan Konsumsi Gizi Seimbang

Walaupun pandemi, sebisa mungkin tetap aktif berolahraga. Temukan olahraga yang paling pas, terutama yang belum pernah berolahraga secara rutin sebelumnya. Kuncinya adalah menemukan jenis olahraga yang membuat Anda terstimulasi dan sesuai dengan gaya hidup Anda. 

Berolahraga di gym, olahraga individual yang membutuhkan pengetahuan dan motivasi tingkat tinggi. Bisa juga mencoba kelas kebugaran kelompok kecil. Saat ini tidak terlalu terganggu oleh lockdown Covid-19, berkat teknologi live-streaming seperti Zoom yang bisa menghadirkan kelas kebugaran di setiap rumah. 

Olahraga tim seperti bola basket atau bulu tangkis adalah cara lain untuk tetap sehat, sekaligus bersosialisasi pada saat yang bersamaan. Atau, jika Anda lebih suka berolahraga sendiri, cobalah berenang di kolam renang terdekat atau jogging di taman. Pastinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ya!

Ternyata, berolahraga setelah makan dapat menjaga keseimbangan gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Saat berolahraga, jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh diharapkan sama dengan jumlah kalori yang masuk. Ini akan memperkecil kemungkinan menimbunnya lemak, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Salah satu olahraga yang disarankan adalah berlari. Berlari dapat membakar kalori dalam jumlah banyak, dan dapat membantu diabetesi untuk mengontrol jumlah gula dalam darah. Saat berlari, diabetesi dapat meningkatkan sensitivitas tubuhnya terhadap insulin.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini https://www.youtube.com/watch?v=AfKvLS1BeWg

 



Edukasi tentang webinar belum lengkap kalau belum tau cara mengolah makanan yang cocok untuk diabetes. Untuk itu, Sun Life mengundang Chef Marinka untuk sharing di IG Live dengan tema Olah Makanan Sehat, Diabetes Lewat.

Banyak tips resep menarik yang dapat mengontrol gula darah lho! Salah satunya mengganti nasi dengan shirataki. Bisa tuh dibuat seperti menu masakan Jepang. Untuk pemanis seperti gula bisa diganti dengan produk berbahan stevia.

Yang menarik menurutku adalah resep membuat oat gurih. Biasanya kan bubur oat dicampur susu dan buah-buahan agar manis. Tetapi kali ini memakai kaldu ayam atau ikan. Bisa juga ditambahkan dengan abon atau telur. Sebelumnya saya juga pernah mencobanya, dan enak! Ternyata menu andalan Chef Marinka juga hihi.

 

Pandemi mengajarkan kita banyak hal. Untuk itu, perlu “Reboot Your Life”, baik secara kesehatan maupun finansial.

Atur ulang pola hidup sehat dengan menjaga konsumsi makanan sehat dan juga berolahraga. Tidak lupa untuk memeriksa proteksi. Proteksi asuransi dari Sun Life untuk hidup lebih tenang dan nyaman bisa cek di https://www.sunlife.co.id/id/


Terima kasih telah membaca blog ini. Jadi, apakah kalian siap melawan diabetes? Semoga sehat selalu ya!

37 komentar :

  1. ikutan juga ya mba ? wah aku kebetulan ikutan juga dan malahan waktu ikut kuis alhamdulillah menang. Btw aku sekarang juga khawatir dan waspada ama diabetes ini. Harus ubah pola hidup agar selalu sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan juga bang hehe, waahh kereeen hadiahnya apaaa??

      Hapus
  2. Di rumah saja..segala makanan yg ada diembat..duh..jangan sampai kadar gula meninggi alias diabet akhirnya ya.. Thx sharing tips nya Kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin sempat test, kadar gula saya normal tinggi nih..wah mesti hati2 bener nih..

      Hapus
    2. Semogaa sehat selalu dan gulanya turun yaa mbak hehe

      Hapus
    3. Kalau kadar gula naik, biasanya emak takmminumi rebusan kayu manis Kak. Soalnya pas Nov lalu dari RS 300, aku rutinkan jadi turun seratus

      Hapus
  3. Masa pandemi ini, musti diimbangi dg gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh kuat dan virus bisa ditangkal.
    .
    Pun penyakit lain seperti diabetes, perlu dicarikan obat yang manjur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya tahan tubuh nih yang harus dipantau terus ^^

      Hapus
  4. Jaga asupan makanan ini yang menurutku paling susah sih aplaagi kalau mulutnya asem dan pengen ngunyah terus...gawat deh bisa diembat eh tau-tau gula darah melonjak yuk ah mulai lebih perhatikan isi piring kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dessert manis gak kalah menggoda iman juga yaaa hehe

      Hapus
  5. Kalau baca penyakit Diabetes jadi keinget dengan orang yang kadang masih aja bandel konsumsi makanan yang bikin sakitnya kumat. Hiii...nah apalagi pandemi gini ya yang sehat kudu punya pola hidup sehat.

    BalasHapus
  6. UDah bbrp kali dengar kenalan yang ada diabetes terserang covid krn mereka lbh rentan, makanya kita kudu jaga kesehatan supaya gak kena diabetes. Apalagi saat musim wabah kyk gini dampaknya serem sekali :(

    BalasHapus
  7. Intinya tetap untuk menjaga antibodi tubuh dengan baik ya mbak, olahraga dan makan teratur. Semoga pandmei ini segera berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin semoga 2021 keadaan balik normal

      Hapus
  8. Keren ini rangkuman2 tipsnya bisa langsung diptakekkan juga tips2 dari chef marinka buat masak sehari 2 yg sehat dan aman buat diabetes yaa, jaga makan juga salah satu cara jaga imun tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga udah cobain resep chef marinka lho hehe

      Hapus
  9. Kalau masa covid gini banyak olahraga aja sih biar badan selalu sehat , nanti juga penyakit keluar sendiri.. sama kurangi keluar rumah sih , kalau saya pribadi lebih suka di rumah meski hanya nonton TV dan baca manga di mangafast.net setiap harinya

    BalasHapus
  10. Iya, masa-masa pandemi kayak gini orang yg biasanya banyak beraktivitas di luar rumah malah sebaliknya. Padahal check up juga perlu, tapi gegara rasa khawatir tertular, malah gak periksa, padahal penting ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun slogan di rumah aja sempat hits, tapi kalau check up penting memang gak boleh skip hehe

      Hapus
    2. Kalau semisal check up nih kak, terus kita tetap harus menjalani tes covid-19 ga sih kak? Soalnya temenku kemaren cek dan rawat inap dan wajib tes dulu kata pihak RS.

      Hapus
  11. Harus lebih hati-hati ya untuk yang punya penyakit penyerta termasuk diabetes ini... Dan asuransi sekarang makin dibutuhkan untuk jaga-jaga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asuransi memang bisa bikin rasa aman ya hehe

      Hapus
  12. Diabetes emak mertuaku dah parah mba, tahun 2020 dua kali masuk RS. dan karena komplikasi nyebapin struk ringna. Tangannya sekarang ga bisa gerak yang kiri, kakinya awalnya juga ga bisa sekarang udah bisa tapi ga bisa jalan kudu dipapah. Harus menjaga kesehatan soal gula dari sekarng juga memang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, semoga tambah sehat yaa mbak mama mertuanya..

      Hapus
  13. Perlu banget jaga pola makan kak. Di masa pandemi seperti sekarang ini memang jaga kesehatan itu harus, harus selektif mengonsumsi makanan agar gula dalam darah terkontrol. Narasumbernya Sun Life Indonesia keren-keren, kemarin aku juga ikutan webinarnya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pola makan nih yang gampang2 susah ya hihi

      Hapus
  14. Terima kasih sudah berbagi cerita kak. DM memang harus diwaspadai. Stay healthy ya...

    BalasHapus
  15. Diabetes salah satu penyakit yang aku takutin karna aku pecinta makanan manis makanya sering banget tes gula darah biar bsa ketauan secara dini tapi mencegah lebih baik daripada mengobati sih makanya menjaga pola makan ini yang utama

    BalasHapus
  16. Banyak tindakan yang bisa dilakukan untuk mncegah diabetes ya Mbak. Semoga senantiasa terhindar dari diabetes.

    BalasHapus
  17. Diabetes ini salah satu penyakit tidak menular tapi tidak sedikit pasien yg kemudian menyerah karena nya apalagi era Pandemi kaya gini lebih rentan sih ya..
    Tetap jalani pola hidup sehat dan ada baiknya tetap rutin ya untuk memeriksakan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, saat pandemi ini diabetes jadi tambah rentan

      Hapus
  18. Komorbid atau penyakit penyerta ini ya yang bahaya banget kalau kena covid bs bertambah parah. Trmsk diabetes jd penting banget utk diatasi.

    BalasHapus
  19. Masa pandemi jadi semuanya kudu dijaga dengan baik yaa..
    Aku juga takut sama diabetes Tapi masih suka minum minuman manis, ngemilin permen.
    Heuhuu~

    BalasHapus
  20. Ikutan jugaa ya kak, bay the wayyy keren ya hadiah nyaa ini, ini sharing nya bagus juga . Noted banget pokoknya 😍

    BalasHapus
  21. Kalau liat angka kenaikan penderita diabetes ngeri jg ya, selama pola hidup kita ga diperbaiki, selama itu pula diabetes mengancam.

    BalasHapus
  22. Nsh ini nih yang terjadi sekarang, di rumah saja dan segala makanan diemabt hiks. Khawatir banget soal Diabates ini, soalnya saya suka banget cemilan yang manis gitu. Memang harus mulai membatasi diri dan menerapkan pola hidup sehat

    BalasHapus

Popular Posts