Mata Kering? Ini Dia Jurus Ampuh Mengatasinya!

Thursday, 25 July 2019

Mata Kering? Ini Dia Jurus Ampuh Mengatasinya!


Halo pembaca blogku yang baik hati! Pernah dengar mata kering? Kalian ngerasa gak sih, kalau banyak banget waktu yang kita habiskan untuk main gadget, baik dalam bentuk ponsel, komputer, tablet, televisi, game console, atau yang lainnya.

Meski tidak ada bukti bahwa menatap layar ponsel menyebabkan masalah mata kronis, namun dalam jangka pendek hal ini bisa memicu mata kering, sakit kepala serta tekanan pada mata. Kalau mata kamu mulai terasa SEPET, PEGEL, PERIH, itu adalah gejala mata kering lho. Coba mulai dikenali gejalanya yuks.

Silakan dibaca tipsnya, jangan lupa untuk dipraktekkan ya! Semoga bermanfaat.

1. Mengatur mode pengaturan cahaya gadget

Seorang profesor oftalmologi di Universitas Pennsylvania Perelman School of Medicine, Dr. Joshua Dunaief mengatakan cahaya biru yang keluar dari ponsel bisa jadi merupakan pemicunya. Untuk itu, kita bisa mencegah gejala sakit mata dengan beberapa hal yang perlu dipehatikan. Cobalah menurunkan level cahaya di gadget. Sebab tidak ada gunanya bila layar terlalu terang. Kamu juga bisa membalikkan warna di layar sehingga latar belakang putih menjadi hitam, dan teks hitam menjadi putih. Hal ini dapat mengurangi pekerjaan bola mata.
Jika tampilan negatif foto bukanlah hal yang diinginkan, disarankan untuk mengubah skema warna layar kamu dari biru dan ke arah spektrum yang kuning.  Katanya nih, ada molekul dari cahaya biru di retina yang membantu mengatur ritme sirkadian tubuh kita.
Beberapa penelitian menemukan, paparan sinar biru pada ponsel di malam hari dapat menyebabkan insomnia. Penelitian lain juga menunjukkan, sinar biru dapat merusak retina mata. Kalau mau mudah, di ponsel tersedia aplikasi “blue light filter”, silakan dipilih yang cocok. Lumayan sebagai langkah antisipasi. Paling enggak mata kita gak sepet dan pegel.

2. Menyesuaikan kacamata/lensa kontak dengan status kesehatan mata terkini

Salah satu anggota fakultas penelitian pascasarjana di Universitas Negeri Kolese Optometri New York, Mark Rosenfield, menekankan pentingnya menyesuaikan kacamata atau resep lensa kontak untuk melihat layar ponsel atau komputer. Kadang kita sudah lama tidak memeriksa mata kita, bingung kenapa mudah pusing, ternyata minusnya sudah nambah hehe. Pantesan mata terasa lelah.

3. Istirahatkan mata dengan aturan "20-20-20"

Kegiatan kepo sosial media di gadget, pekerjaan menumpuk di komputer, atau main game terus-menerus di game console membuat kepala pusing dan mata kering. Kamu perlu beristirahat sejenak untuk memberi waktu bagi mata saat menatap layar gadget terus menerus. Untuk mencegah mata kering dan perih, Rosenfield menyarankan aturan 20-20-20 (Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.


4. Menjaga posisi layar gadget dengan mata

Sebuah studi baru-baru menemukan jarak ideal menatap layar ponsel. Sebaiknya, posisi layar kamu tidak lebih 16 inci dari wajah kamu. Jika masih merasa sulit untuk membaca pada jarak itu, tingkatkan ukuran teks pada layar.


5. Menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes

Tahukah kamu bahwa ketika kamu di depan layar monitor komputer, kamu lebih jarang mengedipkan mata. Begitu pula kalau sedang asyik dengan gadget lainnya. Tidak heran mata kamu menjadi terasa kering. Untuk itu, kamu harus sering mengingatkan diri sendiri untuk berkedip. Selain itu, bisa juga menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata kering. Solusi kekeringan pada mata adalah Insto Dry Eyes.
Produk ini mengandung Hydroxypropyl methylcellulose, tersedia dalam ukuran 7,5 ml. Ukurannya yang mini praktis untuk dibawa ke mana saja, pas banget untuk mencegah mata kering kapanpun.
Selain itu, Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata. Sebagai air mata buatan, produk ini memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri.

Mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih, mata lelah, langsung pakai Insto Dry Eyes saja. Kamu bisa langsung cek informasi produk dengan lengkap.


Terima kasih banyak sudah membaca blog ini. Jadi, matamu pernah kering juga? Silakan share di kolom komentar ya!

27 comments :

  1. bener banget nih mbak ratna tipsnya, setiap hari memandang layar laptop atau hp, bener-bener bikin mata kerja keras dehhh akhirnya mata pun jadi kering dan untung ada insto yang cepet mengatasi kelelahan pada mata yah

    ReplyDelete
  2. Kaya nya sihbaku harus siap sesia insto. Emang bener aku seharian mata aku suka kering klo lagi sibuk main hape dan laptop urusin kerjaan..

    ReplyDelete
  3. Insto ini emang solusi banget ya buat mata kering dan mata merah ini ya kak.. Dan harus selalu sedia dirumah

    ReplyDelete
  4. dari dulu seneng banget ake insto kalau ada masalah dimayta hahaha benran bikin nyaman sih apalagi au yang aktifitasnya banyak kena ac tuh cpt kering matanya

    ReplyDelete
  5. aku juga selalu sedia insto di tas mbak, soalnya aku naik motor kan kemana-mana kadang suka perih kalau kena debu apalagi kalau kemasukan pasir duh sakit

    ReplyDelete
  6. mata kering? aku juga pake insto soalnya pekerjaan blogger kan mesti pegang laptop dan hp terus. lama2 mata jadi kering dan gataal

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu sama nih, pegel liatin laptop buat kerja hehe

      Delete
  7. Aku selalu sedia Insto juga di rumah mba. Karena suka pakai softlens. Cepat juga mengatasi iritasi pada mata

    ReplyDelete
  8. Insto andalan dari dulu ya Kak.
    Ak juga kalo matanya perih make insto. Soalnya udah legend gitu jadi sahahat keluarga kalo insto mah

    ReplyDelete
  9. Insto sejak dulu emang jadi andalanku buat mengatasi mata kering, mata iritasi dan mata gatal

    ReplyDelete
  10. aku juga suka banget pake insto loh mbak. karena ga peruih dan gak pahit.. aku itu,,, ada di rumah terus persediaan

    ReplyDelete
  11. Aku juga pake insto mba, udah sejak kuliah malahan. Karena memang ampuh banget buat mengatasi mata kering :)

    ReplyDelete
  12. Insto ini brandingnya udah kuat banget ya mbak sebagai obat tetes mata hehe. AKu jg selalu sedia di rumah apalagi kerjaan kan mengharuskan depan laptop dan gadget,. Jd mata adalah aset yang kudu dijaga baik2, kalau ngrasa kering perih langsung tetesin insto.

    ReplyDelete
  13. Insto ini memang andalan ya buat ngatasi mata perih dan merah. Kalo ada gangguan mata, pasti deh ingtnya ke Insto. Apalagi mamak2 kayak aku. Kalo beberes rumah, udah pasti deh kena debu. Untung selalu ada Insto. Sekejap pun langsung normal lagi mata perihnya.

    ReplyDelete
  14. emang perlu banget ya kita menjaga kesehatan mata soalnya kalau enggak, mata cepat banget perih dan bisa dipastikan mata jadi merah dan bikin pusing, untung ada Insto ya

    ReplyDelete
  15. Aku baru yau nih ada aturan 20-20-20. Nanti diterapin deh biar mata ga cepet kering. Makasih infonya mbak ��

    ReplyDelete
  16. Mata kering memang mengganggu banget yaaa mba. Aku juga selalu sebel kalau mata kering dan gatel ya

    ReplyDelete
  17. Jadi sekarang tidak usah khawatir lagi karena mata kering ya karena udah ada solusinya

    ReplyDelete
  18. Iyaa..
    Aku mulai mengatur pencahayaan di gadget niih...biar mata tetap nyaman saat melihat layar gadget.

    ReplyDelete
  19. akujuga pakai insto nih kalo mata udah kerasa keset gak enak, obat tetes mata turun temurun banget.

    ReplyDelete
  20. Kalau pencahayaan gadget aku udah lakukan nih kak, biar nggak terlalu silau dan bikin pusing. Tapi yang suka kelupaan adalah cek rutin kesehatan mata. Pernah waktu itu bawaannya pusing terus, ternyata karena minus aku nambah tapi kacamata dan softlens masih pake minus yang lama. Sedia insto di rumah juga perlu nih kayanya.

    ReplyDelete

Popular Posts