Tips Mempersiapkan Keuangan Sebelum Membeli Mobil

Featured post

Review: ElsheSkin Daily Protection Gel, Percaya Diri Hadapi New Normal!

Halo teman, bagaimana aktivias kalian menjalani hari New Normal? Pastinya tetap melaksanakan protokol kesehatan ya. Kalau aku sendiri masih ...

Friday, 6 November 2020

Tips Mempersiapkan Keuangan Sebelum Membeli Mobil


Hai semuanya, bagaimana kabar kalian? Pandemi ini memang sudah jarang bepergian, tetapi kalau ada kepentingan khusus, masih pergi menggunakan angkutan mobil online. Sebenarnya sejak tahun lalu sudah merencanakan ingin membeli mobil, tapi memang masih memilih tipe mobil yang diinginkan.

Jujur saja, ketika pandemi ini, keluarga kami semakin ingin membeli mobil. Selain untuk mempermudah mobilitas, juga untuk meminimalisir terpapar virus yang ada di mobil sewaan yang kami sering pakai untuk berbelanja bulanan.

Jadi ingat waktu liburan tahun lalu, kami menikmati kota Semarang dengan menyewa mobil. Mudah-mudahan tahun depan saat pandemi berakhir bisa liburan menggunakan mobil sendiri. Anyway, aku mau membagi tips mempersiapkan keuangan sebelum membeli mobil. Selamat membaca!


1. Memahami Kondisi Keuangan Pribadi

Pada dasarnya, rencana pembelian barang yang bernilai tinggi harus dipertimbangkan dengan matang. Membeli mobil bukanlah hal yang dapat mudah dilakukan karena harga mobil terbilang cukup mahal. Pastikan kondisi dari keuangan yang dimiliki apakah sudah cukup atau tidak.

Untuk memulai menabung, kita bisa memulainya dengan mengaudit keuangan diri sendiri. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuat neraca pendapatan dan pengeluaran. Buatlah analisis catatan keuangan untuk menentukan berapa bagian pemasukan yang ditujukan untuk disimpan.


2. Rajin Menabung

Ada banyak pilihan membeli mobil, bisa dengan tunai atau secara kredit. Meskipun penghasilan tinggi, namun bukan berarti kita tidak menyimpan penghasilan itu. Dengan menabung, kita bisa mengumpulkan penghasilan setiap bulan.

Meskipun membeli mobil secara kredit, namun tentunya anda membutuhkan DP (down payment/uang muka) mobil sebagai pembayaran awal. Saat ini pemerintah mengambil keputusan besaran uang muka untuk kredit kendaraan roda empat yaitu minimum sebesar 30% dari harga mobil. 

Sebaiknya membayar uang muka melebihi batas minimum ini, hingga cicilan dapat lebih mudah serta lebih cepat lunas. Dengan demikian, arus keuangan tak terganggu lantaran besaran cicilan itu. Terkadang, untuk DP saja orang juga melakukan pinjaman karena harga mobil yang tinggi. Sebaiknya hal ini dihindari.

Untuk mempercepat waktu memiliki mobil idaman, alangkah baiknya jika Anda menabung dari dini. Anda bisa menyisihkan 5-10% dari pemasukan untuk ditabung sebagai DP mobil. Yang perlu ditekankan di sini adalah uang yang ditabungkan bukanlah sisa gaji, melainkan memang menyisihkan beberapa bagian dari pemasukan untuk ditabungkan.




3. Perhatikan Syarat Kredit Mobil Jika Tidak Membeli Tunai

Menabung sudah dilakukan, tiba saatnya untuk pembelian mobil. Setelah analisis keuangan dan berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk membeli secara kredit. Bagi yang memutuskan pembelian mobil secara tunai, tentunya tidak perlu memperhatikan hal ini.

Sebaiknya perhatikan tenor kredit tak melebihi usia ekonomis mobil dan tentukan suku bunga terbaik. Memang ada banyak komponen tambahan yang harus diperhatikan sebelum kredit mobil. Mari kita bahas satu persatu.

Perhatikan besaran cicilan kredit juga ditetapkan oleh bunga dan tenor atau periode waktu kredit yang kamu tentukan. Pastikan tenor yang di tentukan tak melebihi usia atau saat ekonomis mobil itu. Umumnya, saat mobil masuk usia lima tahun, persiapkan cadangan dana untuk maintenance kendaraan. Hal ini membuat  pengeluaranmu menjadi 2 kali lipat, yaitu untuk cicilan mobil ditambah cost maintenance kendaraan.

Jangan lupa menentukan suku bunga terbaik. Biasanya ada dua type suku bunga kredit yang dipakai pada kredit kendaraan, yaitu suku bunga terus (fixed rate) dan suku bunga mengambang (floating rate). Tekuni serta pahamilah ke-2 type suku bunga ini lalu pastikan yang sekiranya paling baik untuk keuanganmu.

 



4. Melakukan Survei Harga dan Jenis Mobil

The last but not the least, adalah survei secara detail harga dan jenis mobil yang akan dipilih. Keputusan membeli mobil biasanya didorong dari tipe mobil yang hendak dibeli. Bagaimana spesifikasi dan harga memainkan peranan penting.

Kita bisa memilih membeli mobil di tempat yang harganya cocok. Sebelum melakukan kredit mobil, akan lebih jika melakukan survei harga terlebih dahulu. Biasanya harga mobil antara showroom satu dengan yang lainnya memiliki harga yang berbeda. Sehingga akan lebih baik jika melakukan survei terlebih dahulu untuk mendapatkan harga yang terbaik, misalnya di Auto2000.

Jadi Auto2000 digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Di sini bisa memilih aneka jenis mobil, seperti Toyota Vellfire.



Di sini kita bisa melihat aneka pilihan mobil, dilengkapi dengan harga dan spesifikasi. Dengan website baru Auto2000.co.id, pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone. 

Pengalaman pelayanan di platform digital sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000, praktis banget ya? Selain itu, aplikasi Auto2000 Mobile baru yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan ( leasing).


Nah, apakah kalian sudah siap untuk membeli mobil? Asli ngiler banget lihat banyak pilihan mobil. Keterangannya jelas sehingga mempersiapkan budget lebih mudah. Selain itu spesifikasinya dengan jelas ditampilkan, sehingga bisa disesuai dengan kebutuhan. Selamat membeli mobil impian!


12 comments :

  1. Yippii, semogaaa ada rezeki buat beli mobil baruuuu
    mobil2 TOYOTA tuh semuanya super duper lovable ya mba
    pengin punya satuuu aja dah, gak usah banyak2 wwkwwk

    ReplyDelete
  2. setuju banget mbak, tenor kredit jangan melebihi usia ekonomis mobil

    dan saya juga setuju kalo anakku pilih Toyota Vellfire kalo ntar pulang, supaya saya bisa ikutan jalan :D :D

    ReplyDelete
  3. Nabung itu keharusan buat saya. Sejak kecil sudah ditanamkan oleh orang tua, mengharapkan sesuatu, harus kerja keras untuk mendapatkannya. Beli mobil, kalau ada dana sebaiknya memilih cash saja. Jauh dari riba...

    ReplyDelete
  4. Ini tips yang bermanfaat banget. Apalagi buat saya yang masih memiliki keinginan punya kendaraan roda 4 sendiri. Semoga bisa punya 2 atau 3 tahun lagi, aamiin.

    ReplyDelete
  5. Kalo pilih mobil, papaku selalu bilang pilih Toyota krn purna jualnya juga bagus tuh. Plus ya itu dia, ada auto2000 yang semakin memudahkan kita untuk memilih yang sesuai utk kita

    ReplyDelete
  6. Auto2000 digiroom ini apa bisa melayani pembelian untuk seluruh wilayah Indonesia ya mbak? Saya kan alamat KTP dan domisili beda (beda propinsi), jadinya dulu pas beli mobil pinjam KTP teman di kota domisili. Sampai sekarang masih atas nama teman

    ReplyDelete
  7. Kalau ada website resmi gini buat beli mobil Toyota enak sih ya. Jadinya aman dan cepat. Beli suku cadang juga bisa

    ReplyDelete
  8. Kalau nggak bisa beli tunai, dengan cara kredit memang jadi solusinya, tapi bener memang harus teliti juga dan usahakan ke dealer resminya seperti Toyota ini.

    ReplyDelete
  9. Bener banget dalam membeli mobil banyak hal yang akan dipertimbangkan. Terlebih masalah keuangan dan kesiapan akan materi.

    ReplyDelete
  10. Setuju kita mesti memahami kondisi keuangan pribadi sebelum memutuskan membeli mobil. Jangan sampai belum mampu memaksakan diri membeli. Sehingga akan menganggu keuangan kita nantinya

    ReplyDelete
  11. Dengan rencana keuangan yang tepat dan matang.beli mobil idaman yang selama ini dinantikan bisa terwujud kan
    Semoga harapan bisa terlaksana ya ka',

    ReplyDelete
  12. Mobil mobil macam Vellfire ini emang idaman banget mba, pas banget aku sekeluarga belum ada mobil dan rencana belli mobil tahun depan. Bismillah semoga terealisasikan. Sekarang coba ikutin tahapnya dulu ya Mba. Thanks!

    ReplyDelete

Popular Posts