Pinjam KTA untuk Modal Menikah? Ini Tips Cerdas Pinjam Kredit Tanpa Agunan!

Featured post

Review Ariul 7 Days Mask, 10 Menit Lepas Lelah dengan Praktis!

Halo cantik dan ganteng, lagi apa hari ini? Apakah kamu capek beraktivitas seharian? Paling enak sih pakai masker wajah yaah, apalagi yang b...

Sunday, 14 February 2021

Pinjam KTA untuk Modal Menikah? Ini Tips Cerdas Pinjam Kredit Tanpa Agunan!


Hai semuanya, sampai juga kita pada bulan kasih sayang. Saat ini mulai banyak undangan pernikahan teman, atau jangan-jangan kamu sendiri yang mau menikah? Selamat kalau begitu ya! Persiapan apa yang sudah kamu lakukan? Kalau masih pusing memikirkan biaya, pinjaman uang dengan cara meminjam kredit tanpa agunan (KTA) bisa menjadi pertimbangan.


Saat ini sudah banyak yang mempertimbangkan menikah dengan sederhana dan tidak besar-besaran, walaupun begitu masih membutuhkan modal. Apalagi bagi yang keluarganya menginginkan pernikahan yang berkesan. 

Saat mengecek tabungan, ternyata banyak yang sudah dipakai untuk pos pengeluaran lain. Mau pinjam uang dari saudara atau orang tua kok malu ya? Jangan berkecil hati, karena bisa meminjam biaya pernikahan di KTA. 

Meski terlihat mudah, kita perlu berhati-hati dalam menggunakan KTA sebagai modal nikah. Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan sebuah produk bank di mana nasabah dapat meminjam sejumlah uang dan tidak perlu memberikan jaminan pinjaman yang lazimnya seperti Pinjaman jaminan BPKB Motor, Pinjaman jaminan BPKB Mobil, Pinjaman jaminan Sertifikat Rumah, dan lain-lain. KTA merupakan produk bank yang ditujukan bagi para nasabah dengan usia produktif (usia 21 hingga 60 tahun).

Walaupun tidak menggunakan jaminan, namun bukan berarti KTA tidak memiliki syarat sama sekali. Harus ada komponen kredit berupa catatan kemampuan mengelola keuangan. Hal ini akan tercermin dari rekaman buku tabungan yang ada di bank tertentu.


Menentukan Bank Tempat Meminjam KTA

Hal ini merupakan titik awal yang perlu diperhatikan. Tentukan bank mana yang dapat memberikan layanan KTA terbaik. Kenyamanan pelayanan yang ditawarkan bank akan menjadi poin yang menentukan kesehatan pembayaran KTA calon nasabah. Saat ini bisa apply di website atau aplikasi juga. Pastinya praktis karena bisa dilakukan secara online. 

Rata-rata suku bunga yang dipatok setiap bank satu dengan lainnya tidak dapat menunjukkan perbedaan yang jauh, tetapi setiap bank memiliki nilai tambah tersendiri untuk setiap produknya. Carilah bank yang memberikan suku bunga pinjaman KTA paling rendah dari yang lain.


Mempersiapkan Syarat yang Diperlukan

Ada beberapa syarat administratif yang harus Kamu penuhi dalam pengajuan permohonan KTA, antara lain fotokopi kartu kredit, fotokopi KTP, fotokopi NPWP (sebagai tambahan), fotokopi slip gaji, atau fotokopi SIUP.

Jika sudah lolos berkasnya, akan ada verifikasi dan survei. Tahap ini sebenarnya merupakan tahap wawancara di mana kamu akan dimintai keterangan oleh bank untuk mengecek kelengkapan persyaratan pengajuan KTA. Bank akan melakukan survei ke rumah atau kantor.



Poin Lebih Jika Memiliki Kartu Kredit

Ketika mengajukan permohonan KTA, kepemilikan kartu kredit akan menjadi poin yang cukup penting karena bisa menjadi bahan analisis bank penyedia KTA untuk memantau pola pembayaran calon nasabah. Setidaknya umur kartu kredit Kamu sudah berjalan selama 1 tahun.

Walaupun begitu, jangan bayar cicilan dengan kartu kredit jika pinjaman sudah cair. Hal ini sama sekali bukan solusi. Kartu kredit adalah bentuk lain dari berutang secara modern. Jangan pernah menggunakan alternatif ini untuk melunasi pinjaman dan bunga pinjaman KTA. Kamu tidak akan pernah lepas dari lingkaran hutang pasca pesta selesai. Yang ada, tagihan kredit Kamu semakin membengkak.


Selalu Memperhatikan Waktu

Waktu di sini bermakna banyak. Dari mulai mempertimbangkan jangka waktu peminjaman kredit, sampai tanggal jatuh tempo untuk membayar cicilan.

Dalam menentukan tenor kredit, sebisa mungkin memilih jangka waktu pendek. Semakin kamu memilih jangka waktu pinjaman yang lama, maka kamu akan membayar utang dengan bunga yang cukup tinggi bila diakumulasi. 

Jika tidak ingin terlalu terlilit hutang ketika pesta pernikahan selesai, gunakan pinjaman KTA dengan durasi pendek supaya dapat “memaksa” diri segera melunasi utang. Sehingga kamu tidak akan kehilangan banyak dana untuk membayar bunga yang dikenakan.

Tanggal jatuh tempo juga jangan lupa. Bayarlah cicilan pinjaman dan bunganya secara tepat waktu. Jangan melewati batas waktu yang telah ditentukan. Hal ini akan menghindarkan diri kita dari bank yang dapat memasukkan nama ke dalam daftar hitam nasabah. 

Di kemudian hari, sikap disiplin ini akan memberikan kemudahan kepada kamu untuk mengajukan pinjaman yang mungkin dibutuhkan untuk keperluan lainnya.



Menyiapkan Berbagai Biaya Tambahan

Ketika kredit kita sudah disetujui, akan banyak biaya tambahan lain yang muncul. Oleh karena itu harap disiapkan dana tambahan dalam proses KTA. Bagi yang sebelumnya belum pernah melakukan permohonan kredit, mungkin akan kaget. Dari mulai biaya provisi, biaya asuransi, dan biaya lainnya. 

Biaya provisi merupakan biaya administrasi yang akan dipotong secara langsung dari pinjaman yang dicairkan pihak bank bagi nasabah KTA. Jumlahnya akan disesuaikan dengan besaran dana pinjaman yang didapatkan nasabah tersebut sehingga nasabah tidak akan menerima sejumlah dana yang sesuai dengan plafon pinjamannya.

Setiap bank memiliki kebijakan sendiri terkait dengan biaya provisi, yakni dengan menentukannya dalam jumlah tertentu. Atau bahkan memotongnya dalam persentase tertentu dari total pinjaman yang dicairkan tersebut.

Biaya provisi ini perlu dipahami sejak awal. Jangan sampai nasabah terkejut saat mendapati pinjaman KTA-nya telah terpotong sekian persen akibat adanya pemotongan biaya yang tidak dipahami dengan baik sejak awal.

Bank penyedia KTA juga memberlakukan sejumlah biaya asuransi dalam produknya. Debitur diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya tersebut. Penggunaan asuransi ini bertujuan untuk melindungi ahli waris pengguna KTA. Bila sewaktu-waktu debitur meninggal dunia, sejumlah utang yang tersisa akan diselesaikan perusahaan asuransi tanpa membebani ahli waris nasabah tersebut.

Ada juga ketentuan biaya lainnya yang mungkin saja muncul di persyaratan bank. Sebelum menandatangani perjanjian kredit, alangkah baiknya jika dibaca dengan seksama dan bertanya jika kurang jelas. Sehingga jika ada biaya lain yang muncul karena suatu kondisi, dapat ditanggulangi atau sudah disiapkan dana untuk membayarnya.


Nah, itu dia berbagai tips bagi kamu yang sedang ingin mempersiapkan pernikahan tapi masih bingung mencari tambahan dana di mana. Tidak perlu takut untuk mencoba meminjam KTA. Tapi memang harus dicermati dengan seksama ya. Jangan sampai pernikahan indah ternoda karena terlilit hutang.


Untuk membaca tips pinjaman uang lainnya, bisa langsung ke website https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan ini ya!






0 komentar :

Post a comment

Popular Posts