Ubah Sampah Menjadi Produk Bernilai ala Alfamart!

Jumat, 05 April 2019

Ubah Sampah Menjadi Produk Bernilai ala Alfamart!


Halo teman-teman semuanya. Kali ini saya mau cerita kegiatan kemarin di ruang pertemuan lantai 2 Alfamart Tabek Gadang, Pekanbaru. Menemani Mutia, kami merupakan undangan perwakilan dari Blogger Pekanbaru, kami mengamati kegiatan asyik yang diprakarsai oleh Alfamart.


Hadir puluhan ibu rumah tangga yang antusias siap menerima ilmu. Tentang apa sih sebenarnya acara hari ini?


Pernah dengar “Diet Kantong Plastik” ga? Itu adalah kampanye pengurangan sampah plastik dan rumah tangga.
Di sini ibu-ibu diajari membuat produk dari sampah. Awalnya dijelaskan penjelasan singkat mengenai proses pemilahan sampah, dari mulai sampah kering dan sampah basah. Bahkan, kalau tertarik, akan diajarkan tahap lanjutannya, yaitu membuat kompos dari sampah basah.

Untuk pelatihan kali ini, lebih fokus pada pengolahan sampah plastik dan kertas. Jadi dari kardus bekas dan kantong plastik warna-warni, diolah menjadi kerajinan tangan. Para ibu tersebut diberikan pelatihan oleh Teguh P, dari komunitas Pemerhati Lingkungan di Pekanbaru.

Beliau menjelaskan, jika jeli melihat peluang, sampah plastik dan kertas dari rumah tangga dapat dimanfaatkan menjadi barang kerajinan yang bernilai ekonomi. Contohnya bekas botol minuman bisa menjadi barang souvenir. Memanfaatkan sampah rumah tangga menjadikan lingkungan lebih nyaman dan mengurangi volume sampah. Bahkan jika didaur ulang akan menjadi barang yang bernilai ekonomi.
Balik lagi ke ibu-ibu, terlihat mereka asyik memperhatikan penjelasan proses pembuatannya. Untuk vas bunga, pola dibuat menggunakan kardus bekas. Setelah pola terbentuk, mulai digunting dan ditempel menggunakan lem. Untuk tim bunga plastik, kantong plastik warna-warni dilipat lalu digunting kecil-kecil. Setelah itu digabungkan dengan kawat. Ada yang menjadi bunga, dan ada juga yang menjadi daun.
Branch Manager Alfamart, Bambang Eko Budiyanto mengatakan kampanye diet kantong plastik ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar oleh Alfamart. Harapannya, masyarakat bisa peduli dan memelihara lingkungan tempat tinggalnya agar lebih nyaman. Selain itu juga kegiatan ini merupakan upaya Alfamart dalam menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.
Hasil akhirnya cantik sekali. Mereka sangat senang dan puas! Btw, ini foto dari kak Mutia yah hasil akhirnya hehehe..
Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua yah :D

1 komentar :

Popular Posts