Resep Bistik Sapi Goreng Tepung yang Sehat, Makan Enak tanpa Takut!

Saturday, 21 December 2019

Resep Bistik Sapi Goreng Tepung yang Sehat, Makan Enak tanpa Takut!


Hai, kali ini saya mau cerita tentang kisah love hate diri saya sama makanan. Sesuai nama blog ini yaitu Jajan Nae, udah kebayang lah gaya hidup saya kaya gimana. Yupss bener banget, saya sering banget kulineran, dan tanpa pantangan lho. Kebetulan saya ini suka makanan asin yang digoreng gitu, jadi gak terlalu penggemar dessert. Tapi tetap aja, kalau sering-sering gawat juga hehe.



Pernah dengar kan kalau hidup sehat itu sulit? Karena kadang saat memilih untuk mulai healthy lifestyle, kita harus dapat berkompromi dengan makanam enak yang penuh dosa hihi. Misalnya mengurangi konsumsi gula, gak makan karbohidrat, tidur dan bangun lebih awal, bahkan say goodbye dengan makanan yang digoreng. Tapi lama-lama jenuh gak sih? Karena selain penting banget untuk hidup sehat, kita juga harus makan dengan happy.

Saat ini, saya lagi suka banget makanan barat seperti steak. Dari mulai steak sapi, seafood, dan ayam saya suka. Kadang juga bikin di rumah biar lebih puas. Nah sedangkan suami saya maniak gorengan haha. Duh kalau nemu yang jualan di pinggir jalan pasti bawaannya pengen jajan. Akhirnya saya jadi sering membuatnya di rumah. Untuk mengurangi makanan yang dimakan karena kami lagi ingin menurunkan berat badan, akhirnya timbul ide masakan fusion. Yups benar sekali, saya membuat steak goreng tepung hehe. Bisa sekali makan dapat kesukaan berdua sekaligus nih.

Kalau dengar makanan goreng tepung, pasti kebayang ini minyak goreng yang dipakai banyak. Duh kan bakal bikin gendut. Gak kebayang lemaknya bakal gimana. Eitss jangan khawatir, kalau makan ini bakal tetap sehat kok. Makanya menggorengnya pakai Happy Soya Oil hehe. Kok bisa begitu? Nah bakal kita kupas tuntas nih rahasianya.

Apa sih Kelebihan Happy Soya Oil?

Again balik lagi ke kisah suamiku penggemar gorengan dan visi misi kami berdua yang mau hidup sehat, ini kan kaya hal yang berbenturan yah? Minyak goreng itu identik dengan pemicu radang tenggorokan dan rawan penyumbatan pembuluh darah, mau gak mau harus dikurangi. Sampai saya gak sengaja menemukan HAPPY SOYA OIL, di mana 100% terbuat dari minyak kedelai murni.
Setelah saya teliti lebih lanjut, Happy Soya Oil ini kaya akan vitamin E, antioksidan, omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk kesehatan. Vitamin E dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas. Omega 3 dan omega 6 dapat menunjang kerja tubuh dan juga organ di dalamnya agar tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Minyak goreng ini juga tahan panas dibandingkan minyak lain, selain itu, paling tinggi kadar lemak tak jenuhnya. Makanya cocok buat memasak setiap hari dan menggoreng segala macam menu setiap hari. Apa sih sebenarnya lemak tak jenuh itu? Bisa dibilang ini lemak baik yang nggak jahat buat tubuh kita. Minyak kedelai termasuk di golongan asam lemak tak jenuh ganda, yang kalau menurut hellosehat.com ada banyak manfaatnya buat tubuh kita. Contohnya seperti membantu mengendalikan gula darah dan mengurangi lemak dalam darah. Lumayan gak khawatir saya kalau sering memakai ini untuk keluarga, bisa membantu memelihara kadar kolesterol loh.

Makan Enak Tanpa Takut Gak Sehat!

Memilih buat hidup lebih sehat itu nggak harus sepenuhnya mahal dan serba nggak enak juga. Salah satu caranya ya pilihan minyak gorengnya. Tau sendiri kan manfaatnya Happy Soya Oil tadi, bisa jadi pilihan untuk makan gorengan tanpa takut berdosa hihi.

Minyak goreng Happy Soya Oil dapat dipakai untuk memasak, menggoreng, menumis, dan membuat kue sehari-hari. Pas banget buat diaplikasikan saat menggoreng steak goreng tepung, atau nama lainnya bistik sapi goreng tepung. Kebetulan, resep yang akan saya share di sini menggunakan Happy Soya Oil untuk menggoreng dengan cara deep frying, dan ada juga yang ditumis. Pastinya aneka tumisan lebih terasa light. Silakan langsung dicatat resepnya ya.

Resep Bistik Sapi Goreng Tepung

1. Daging Sapi Crispy
Bahan:
300 gram daging sapi has luar (potong lebar)
Minyak Happy Soya Oil untuk menggoreng
1/2 sendok teh merica bubuk
200 gram tepung terigu
25 gram maizena
1 sendok makan bubuk bawang putih
1/2 sendok teh baking powder
3/4 sendok teh merica hitam kasar
1/2 sendok teh garam

Cara pembuatan:
Daging sapi dilumuri merica bubuk dan sedikit garam.
Diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit agar bumbu yang diberikan bisa meresap pada daging dan daging memiliki rasa sewaktu digoreng nantinya.
Campurkan bahan-bahan pelapis (tepung terigu, maizena, bubuk bawang putih, baking powder, merica hitam kasar, garam) dalam mangkuk atau wadah dengan permukaan datar.
Aduk-aduk dengan menggunakan sendok dan pastikan jika semua bahan tercampur dengan merata.
Gulingkan daging diatas bahan pelapis sambil dicubit-cubit perlahan agar bumbu meresap kedalamnya.
Siapkan wajan, masukkan Happy Soya Oil ke dalamnya dan goreng daging yang telah dibaluti dengan pelapis hingga crispy dan matang kecoklatan.
Angkat dan tiriskan kemudian sisihkan sementara.


2. Saus Bistik
Bahan:
2 sdm Happy Soya Oil
1 sdm margarin
1 buah bawang bombay, iris tipis
150 ml air
1 sdm kecap inggris
4 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat botolan
1 sdt garam
½ sdt merica putih bubuk
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara pembuatan:
Panaskan sedikit minyak dan margarin dalam wajan. Tumis bawang bombay hingga tercium aroma. Masukkan air, kecap inggris, kecap manis, saus tomat, garam, dan merica. Didihkan.
Tambahkan larutan maizena, masak hingga mengental.

3. Side Dish: Capcay dan Nasi Putih
Karena kreasi Nusantara, maka steak ini dimakan dengan nasi sebagai pengganti kentang. Biar tambah mantap, sayuran pendampingnya berupa capcay. Bahan yang dipakai untuk membuat capcay sesuai selera anda. Bisa wortel, brokoli, sawi putih, bakso sapi, dan lainya. Jangan lupa menumisnya juga menggunakan Happy Soya Oil biar tambah enak dan sehat!

Nah itu dia tips dari saya agar bisa makan gorengan dengan sehat. Dengan Happy Soya Oil, gak perlu khawatir lagi nih. Kalau anda, apakah sudah mulai healthy lifestyle? Boleh nih untuk mengganti minyak gorengnya. Silakan ceritakan pengalaman anda di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana saya.
#JanganBerhentiMakanEnak
#HappyHealthy


With Love XOXO
Ratna Kirana

35 comments :

  1. waaa asik banget ini ada resepnya juga nih, kebetulan aku juga pake minyak goreng satu ini, enak dan tentunya sehat yaa, kapan kapan mau cobain resepnya ah

    ReplyDelete
  2. Kayaknya enak banget deh resepnya. Bisa lebih sehat kalau tanpa nasi kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener bgt, yg diet karbo bisa gak pakai nasi, sayurnya aja, walaupun tepung karbo juga sih hihi

      Delete
  3. Hai, kakak. Thank for sharing the recipe. Aku memang lagi nyari bistik sapi goreng ini untuk anakku.

    Apalagi kalau pakai Happy Soya Oil ya, pasti lebih sehat dan crunchy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga buah hatinya suka yaa, deg2an aku wkwk

      Delete
  4. Aku setuju banget nih bahwa hidup sehat itu agak gampang susah tapi memang banyak godaannya kalau mau sehat. Emang paling bener tuh masak sendiri di rumah untuk makanan yang kita konsumsi dan bawa bekal juga bisa mengurangi jajan.

    ReplyDelete
  5. Resepnya ini menggoda sekali untuk dicoba. Aku baru tahu ada minyak soya. Diriku yang suka banget makan gorengan harus coba minyak ini nih..

    ReplyDelete
  6. Nah kemarin banyak yang bahas wajan anti lengket, sekarang minyakpun harus dikurasi lebih baik lagi ya biar engga salah pilih dan malah berujung berlebihan ihiyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jodoh nih sama wajan anti lengket yaak, makin sehat hihi

      Delete
  7. Boleh juga nih mbak resep bistiknya. Pas banget kami tuh suka banget menu satu ini tapi aku belum pernah coba untuk masak

    ReplyDelete
  8. Aku beberapa kali pakai minyak goreng ini. Bikin tenang walaupun makan gorengan. Lebih sehat dibandingkan dengan pakai minyak yang lain.

    ReplyDelete
  9. Kalo kata ahli gizi yg akh kenal, goreng pake minyak apapun kalorinya tetap sama aja si mbak.. apalagi tepung2an hihi cuma happy soya oil jadi pilihan yg lebih baik ya karna kadar lemak tak jenugnya tinggi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya makanan sehat emang ga cuma dihitung dari kalori sih, ada banyak faktor lain misalnya kandungan serat juga :)

      Delete
  10. Ngiler liat bistik sapi gorengnya mba... tapi aq lebih suka makannya ditemani kentang goreng kalau westren menu apalagi gorengnya pakai happy soya oil makin mantul karena bebas worry

    ReplyDelete
  11. Aku juga mau berusaha banget ngurangin makan gorengan deh :( kalau pakai minyak ini ga perlu khawatir lagi ya.

    ReplyDelete
  12. Waah samaan Mamaku pun pake Happy Soya Oil, btw thaks resepnya Ka nanti mau coba juga ah

    ReplyDelete
  13. Resepnya praktis nih. Kapan2 kalo ke supermarket ta beli ini si soya oil

    ReplyDelete
  14. Baru tau ada yang namanya Happy Soya Oil Mba, resepnya mo ngikutin ahhh

    ReplyDelete
  15. nyontek resep saosnya donk �� saya belum bs bikin saosnya nih, bahan yg saya pakai jg beda sm resep km. makanya rasanya aneh, wkwk. kalau happy soya oil saya pakai buat numis ajah, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saos ini sesuai selera ya, soalnya tiap orang doyanannya masing2 :))

      Delete
  16. Alah kayaknya mantap bistiknya. Maubya Mbak resepnya. Pingin nyoba ntar klo beli daging.

    ReplyDelete
  17. Akhirnya ada minyak goreng yg bs lebih sehat ya. Makan pun jd ga was2 heheh

    ReplyDelete
  18. Rasanya ada yang beda ga sih Mba digoreng dengan minyak ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak beda jauh kok mbak, malah lebih enak pakai ini menurutku lho ya hehe

      Delete
  19. baik buat kesehatan juga pake minyak soya gini ya ? duh mba rat jadi lapar gara gara lihat foto dan baca artikelnya mba

    ReplyDelete
  20. Kak nae, goreng pakai soya oil berasa beda gak? I mean after taste nya, ada bau soya atau gmn kah? Karena lambung sensitif, di rumah pakai canola atau olive oil. Kebetulan gak ngerubah rasa atau bau. Belum pernah nyobain soya oil sih. Apalagi lihat kandungan di soya oil ini keliatan sehat ya. Vit. E, antioksidan, + Omega 3.

    Pernah nyobain coconut oil, after taste nya jadi wangi kelapa dan sedikit manis jadi beda. Hidung aku terlalu peka soal bau. Padahal sehat sih. Tp sedikit merubah rasa dan bau. Soya oil ini gmn kak? #seriusnanya

    ReplyDelete
  21. Bistiknya menggoda sangat.. duh..duh.. jadi ngiler mbak. apalagi lebih sehat dimasaknya pake soya oil. Btw aku baru tahu ada soya oil loh mbak. Ada rasa yang beda gak mbak masak pake soya oil ini?

    ReplyDelete
  22. bacanya pas lagi jam makan siang -, duh jadi lapar kak naeeee..

    ReplyDelete
  23. Terima kasih resepnya kak, berguna sekali loh. Jd ingin masak dong

    ReplyDelete
  24. Wah enaknya resep praktis, bisa dicoba saat liburan ini ya

    ReplyDelete
  25. Aku baru tau kalau soya bisa jadi minyak goreng juga kak! Kayaknya aku juga harus coba soalnya kadang perutku suka begah gitu kalau minyak goreng biasa . Apalagi kadang goreng sesuatu tu minyaknya nyerap ke masakan.

    Aku harus coba minyak soya ini sekalian resepnya kak Nae ah~

    ReplyDelete
  26. aku juga suka banget sama gorengan huhuhu. padahal lagi mencoba mengurangi sih, tapi jujur ini yang tersulit. meninggalkan nasi putih sudah berhasil. gorengan yang belum huaaaa

    ReplyDelete

Popular Posts