7 Tips Menghindari Pegal Setelah Berolahraga

Monday, 27 April 2020

7 Tips Menghindari Pegal Setelah Berolahraga


Halo sahabat semuanya, semoga sehat selalu yah! Apakah masih rajin berolahraga? Selain membuat tubuh sehat, biasanya ada bonus badan lebih bagus hihi. Terutama buat kamu yang memiliki target menurunkan berat badan, membentuk tubuh lebih indah (sculpting), atau malah menambah massa otot. Setelah olahraga pengennya minum yang dingin dan segar yah, pasti rasanya lebih nikmat. Tapi semuanya bakal menjadi kurang nyaman kalau tubuh terasa pegal. Akhirnya saya browsing tips buat kamu nih dan bakal dikupas tuntas di sini. Yuk mari disimak tips menghindari pegal post workout dari saya!




1. Minum Air Secukupnya

Biasanya rasa lelah yang tak berkesudahan akibat berolahraga bisa menjadi tanda kalau tubuh kehilangan cairan. Bila kamu merasakan hal tersebut, ada baiknya kamu meningkatkan konsumsi air putih untuk mengembalikan memulihkan tenaga setelah berolahraga. Sakit kepala, lelah, dan kesulitan tidur setelah berolahraga bisa terjadi karena kamu kekurangan asupan cairan sehingga tubuh sulit berkonsentrasi. Ciri-ciri dehidrasi lain selain badan pegal adalah mata terasa berkunang-kunang.

Tubuh yang dehidrasi tidak akan memberikan dampak yang positif terhadap latihan kamu. Makanya, pastikan asupan air putih terpenuhi. Tak banyak yang menyadari, aturan populer soal minum air putih delapan gelas per hari tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat. Justru aturan minum air putih yang tepat menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari. 

2. Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan penting dilakukan sebelum kita memulai workout. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, menaikkan denyut jantung, peregangan sehingga tubuh siap untuk melakukan latihan. Selain mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, pemanasan juga dilakukan untuk meminimalisir terjadinya cedera otot.

Menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Science and Medicine, pemanasan juga bisa jadi mood booster sebelum berolahraga. Pastinya adrenaline lebih on dan tetap happy walaupun melakukan gerakan sulit dan berat. Jadi luangkan waktu untuk melakukan pemanasan dulu yah teman!



3. Pendinginan dan Stretching Setelah Berolahraga

Selain pemanasan, pendinginan sehabis berolahraga juga wajib dilakukan. Tubuh perlu pendinginan sebelum beristirahat total untuk mengembalikan otot-otot yang “panas” akibat berolahraga. Kalau kamu langsung duduk sehabis berolahraga, tubuh bisa kembali terkejut. Bayangkan saja, tubuh yang tadinya bergerak aktif, tiba-tiba saja jadi pasif.

Pendinginan atau stretching dilakukan selama 10-15 menit, diharapkan bisa mengembalikan otot-otot yang sakit akibat berolahraga selama kurang lebih 90 menit. Ketika tubuh sudah rileks, kamu dapat beristirahat dengan tenang.
Stretching juga dapat memaksimalkan pemulihan otot sehabis beraktivitas keras, meningkatkan aliran darah kembali ke asalnya, dan membuat tubuh mendapatkan manfaat dari berolahraga secara lebih maksimal.

4. Mandi Air Hangat

Kamu lebih sering mandi dengan air dingin atau air hangat? Ternyata mandi air hangat sehabis olahraga dapat menghindari pegal yang biasa menyerang tubuh sehabis beraktivitas. Apalagi kalau kamu mandi dari shower dan membiarkan air pancuran menghujani punggung, sensasinya bakal seperti dipijat dengan air hangat. Kamu juga bisa mencoba berendam dengan air hangat, karena dapat memberikan efek relaksasi relaksasi untuk otot-otot yang sudah bekerja keras dari olahraga.

Mandi air hangat bisa jadi jalan untuk memulihkan tenaga sehabis berolahraga. Sebenarnya, otot yang stress adalah pertanda baik, karena otot akan berkembang dan tumbuh menjadi semakin kuat. Mandi air hangat bisa menstimulasi otot untuk lebih kuat dengan cara yang membuat kamu tetap rileks.



5. Memijat Bagian yang Pegal

Untuk tips kali ini harus dilakukan dengan seksama. Karena jika salah memijat, malah bisa menyebabkan cedera. Untuk menghindari pegal, kalian dapat memijatnya sendiri menggunakan minyak hangat atau minyak kayu putih. Cukup dibalurkan ke bagian yang pegal lalu dipijat perlahan sampai rasa hangatnya menyerap.

Kamu juga bisa menggunakan olive oil untuk memijat badan supaya lebih rileks. Lakukan pemijatan dari atas ke bawah dengan penekanan yang pas pada titik-titik tertentu. Lakukan sebelum kamu tidur supaya hasil lebih maksimal.

6. Tidur yang Cukup

Setelah tubuh terasa nyaman karena dipijat malam hari, siapkan diri untuk tidur. Jangan kamu kira dengan berolahraga saja sudah menjadi langkah yang cukup untuk mendapatkan hidup yang sehat. Olahraga tanpa menjaga durasi tidur yang proporsional akan membuat tubuh merasa kelelahan luar biasa. Waktu tidur yang disarankan untuk kesehatan adalah 7 sampai 8 jam per hari supaya tubuh dapat mengembalikan kondisinya kembali fit.

Kalau badan tertentu terasa sakit, pengaturan posisi tidur bisa menjadi cara mengatasinya. Misalkan kamu bisa memposisikan bantal di kaki atau lengan. Biasakan untuk tidur menyamping ke sebelah kiri untuk menyamankan organ-organ di dalam tubuh.

7. Minum Supplement Post Workout

Selain mencoba cara di atas, kalian bisa mencoba suplemen kesehatan khusus post workout. Menurut klaim, Ultimate Nutrition Glutapure Powder 400 Gram dapat membantu meningkatkan daya pulih dan meringankan nyeri otot setelah kamu berlatih. Cara meminumnya adalah 5 gram suplemen dicampur dengan 150 ml air atau juice, 2 sampai 3 kali sehari pada saat perut kosong atau pada waktu segera setelah latihan.

Suplemen ini diminum setelah melakukan latihan untuk membantu memulihkan otot, menambah massa otot dan meningkatkan sistem kerja otot. Wah selain dapat mengatasi pegal juga ada manfaat lainnya yah. Glutamine membantu mengurangi penyusutan otot, meningkatkan hormon pertumbuhan, dan memperbaiki dinding usus.



Nah itu dia tips dari saya untuk mengurangi pegal setelah berolahraga. Kalau kalian sudah mempraktekkan yang mana saja nih? Boleh lho sharing di kolom komentar. Semoga info ini bermanfaat ya teman, terima kasih telah membaca!

12 comments :

  1. Bener bener artikel yg bermanfaat buat orang yg jarang olahraga seperti aku. Sehingga kadang suka salah langkah sebelum mulai berolahraga. Misalnya ga pemanasan dulu. Thanks infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, aku juga jarang olahraga hihi, rawan pegal2 makanya hehe

      Delete
  2. Saya termasuk orang yang jarang olah raga, karena suka males ngerasain pegal-pegal setelahnya,hehe. Enggak patut ditiru nih kebiasaan saya. Tips ini bisa dicoba, jadi enggak ada alasan lagi buat malas olah raga,wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum airnya jangan lupa hihi, biar ga dehidrasi kalau olahraga :)

      Delete
  3. Aku senang olahraga berenang. Dulu pernah tau2 sakit semua badan, kaki kram dll ternyata aku kurang pemanasan. Jadi ga boleh juga over OR nya gara2 ingin mencapai jarak 1000 meter eh malah jatuh sakit wkwkwkwk. Minum suplemen juga oke tuh yang ada vitamin C nya aku suka :D

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ada suplement post workout. Waktu awal ikutan yoga badan pegel parah sampai kaku selama 3 hari. Udah dipijet2 tp rasanya tetap luluh lantah. Bisa dicoba kalau mulai olah rag lagi skr lg stop dlu, rencana habis lebaran mulai lagi. Pasti bakal pegel lagi.. hahahaha

    ReplyDelete
  5. Aku suka artikel ini karena aku juga suka berolahraga. Kadang nih, terlalu lama nggak berolahraga pun bikin badan cepat pegal setelahnya. Makanya, yang namanya olahraga itu mestinya rutin, ya.

    Tetap sehat ya, Kak.

    ReplyDelete
  6. wah asyik, minuman suplemen enak untuk mengatasi pegal
    Mau ah
    saya sering pegal kalo ngetik dan nonton drakor, wah bisa berjam-jam, tau tau badan sakit semua :D

    ReplyDelete
  7. Pendinginan setelah workout dan banyaak minum air putih lumayaan meredakan pegal" nih mbaak, apalagi ditambah minum suplemen kesehatan khusus, belum pernaah tp akunyaa hehehe bisa dicobaa nih 😊 biar pasca workout gak begitu pegal" 😁

    ReplyDelete
  8. aku biasanya kalo dah lama gak olahraga begitu olahraga lagi pasti sakit semua hehe.. tapi kalo olahraga terus hilang sendiri pegelnya. thanks anyway tipsnya

    ReplyDelete
  9. Biasanya sih kalo pegel badan udah ngga bisa dikompromi lagi,biasanya aku minum neurobion.
    Tapi boleh juga kapan waktu aku kucoba pakai Ultimate Nutrition Glutapure Powder rekomendasi dari kak Ratna ini.

    ReplyDelete

Popular Posts