Serunya di Rumah Aja Bareng FWD, Dapat Tips Finansial Keren

Saturday, 23 May 2020

Serunya di Rumah Aja Bareng FWD, Dapat Tips Finansial Keren


Halo teman-teman, masih sehat semua? Buat yang masih beraktivitas di luar rumah, tetap jaga kesehatan dan social distancing. Untuk yang beraktivitas di rumah saja, sudah bosan belum? Hihihi alhamdulillah walaupun di rumah saja, aku bisa tetap berusaha produktif. Selain itu kita bisa menambah ilmu lho. Psstt, soalnya aku nonton terus Di Rumah Aja bareng FWD , yaitu program IG Live untuk mendorong kita untuk merayakan hidup di tengah pandemi ini.


Selama di rumah aja, aku mengerjakan project dan hobby. Salah satunya membaca buku resep masakan nih, habis itu dipraktekkan untuk memasak hidangan buka puasa. Selama Ramadan, setiap minggunya FWD Life akan membawa para ahli yang akan menyuguhkan informasi bertemakan cooking, sports, Mom’s talk dan financial literacy bersama dengan pembicara ternama untuk menyebarkan kegembiraan kepada penonton


Keseruan di Rumah Aja Bareng FWD 

Ramadan adalah tentang kebersamaan. Kita tidak bisa sendirian untuk sebarkan semangat kebaikan. Untuk itu, FWD Life memanggilmu untuk ikut “Kolaborasi untuk Berbagi”, tidak hanya materi, tetapi juga momen, harapan, dan pengalaman. Sepanjang bulan Ramadan, kita #BerbagiBarengFWD bersama dengan SOS Childrens Villages Indonesia @desaanaksos, #BukaBarengFWD dengan jajanan dan percakapan virtual, dan #DiRumahAjaBarengFWD ditemani dengan Instagram live setiap minggunya! Bersama kita lalui pandemi di bulan Ramadan menuju kemenangan.

Berikut adalah cerita keseruan #DiRumahAjaBarengFWD, benar-benar seru banget menemani ngabuburit menunggu buka puasa lho!

Episode 1, mengusung tema KOLAK (Kreasi Olah Takjil) ditemani canda tawa bersama Gita Bhebhita dan Chef Putri Mirianti, FWD Life mengajak masyarakat untuk mengisi ngabuburit yang produktif walaupun dirumah saja.

Episode 2 # DirumahAjabarengFWD - FWD Life mengajak kamu ngabuburit sambil burn kalori. Bareng artis cantik Zeezee Shahab dan juga GOFit, dalam rangkaian Kolaborasi Untuk Berbagi masyarakat bisa ikutan berdonasi untuk anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua di bawah naungan SOS Children’s Villages.

Dari kedua episode ini, cocok banget buat kalian yang suka memasak dan mengikuti gaya hidup sehat. Aku jadi terinspirasi untuk lebih memperhatikan apa yang kumakan. Selain berolahraga rutin, jangan lupa untuk memilih sayuran dan buah di menu masakan kita ya!


Di episode ke 3 #DirumahAjabarengFWD – FWD Life mengambil tema Mom’s Talk. Disaat pandemi ini, terdapat perbedaan dalam mengurus keluarga. Tidak sedikit ibu yang menghadapai stress management bagaimana membagi waktu mereka untuk tetap produktif bekerja selama WFH dan juga tetap membagi waktu untuk mengurus anak dan keluarga dirumah. Bersama dengan Tyna Kanna Mirdad dan Puty Karina, FWD Life mengajak ibu-ibu dirumah bagaimana mengelola emosi selama pandemi COVID-19. Sekaligus berbagi cerita, masyarakat juga bisa Berbagi Bareng FWD dengan berdonasi untuk anak-anak di SOS Children’s Villages yang terdampak akibat pandemi COVID-19 ini.

Dalam episode ke 4 #DirumahAjabarengFWD, FWD Life mengajak kamu ngobrol mengenai finansial. Kata siapa ngobrolin finansial bikin bosan? Ternyata bicara mengenai finansial seru juga kok! FWD Life mengajak Aidil Akbar seorang financial expert bersama Dono Pradana (StandUp Comedian) bagaimana cara mengelola keuangan yang baik di tengah pandemi COVID-19. Sambil belajar mengelola keuangan, kamu juga bisa ikutan progam Kolaborasi FWD Life bersama SOS Children’s Villages lho!

Aku bakal sharing ilmu yang kudapat dari episode 4, karena temanya menarik banget dan sesuai dengan background aku yaitu ex commercial banker hehe.


Tips Kesehatan Finansial ala FWD

Kondisi saat ini menjadi tidak pasti karena pandemi COVID-19. Perekonomian bergerak lambat bahkan ada yang terhenti. Kegiatan bekerja sebagian besar berpindah ke rumah, bahkan ada juga yang dirumahkan. Jangankan menerima THR, banyak yang tidak memiliki pekerjaan lagi. Di tengah situasi ini, diharapkan kita gak cuma menjaga kesehatan fisik, tetapi mental juga.

Sudah pasti saat ini waktunya berhemat. Semakin meningkatkan dana cadangan kalau bisa. Lebih banyak menabung dan berinvestasi. Ada banyak instrument investasi yang bisa dipilih, antara lain deposito, emas, properti, saham, sampai asuransi.

Kalau manurut saya, asuransi itu termasuk investasi lho. Apalagi di saat wabah COVID-19 seperti ini. Pastinya kita akan merasa lebih aman dan tenang ketika kesehatan sudah terproteksi. Sehingga di masa depan tabungan kita tidak perlu tergerus, jika ada kondisi darurat seperti terserang penyakit. Nah pas banget lho, ternyata ada free Rapid Test COVID-19 untuk setiap pembelian produk asuransi individu dari FWD Life dengan periode pembelian/kepesertaan hingga 31 Mei 2020. Wah lumayan banget kan.


Balik lagi ke dana cadangan. Untuk yang dana cadangannya terpakai, dapat diambil langkah khusus. Berbelanja hanya dilakukan untuk barang yang pokok dan penting. Pastinya untuk kebutuhan pokok seperti makanan, listrik, dan tempat tinggal tidak bisa dihilangkan. Atau untuk barang yang menunjang pekerjaan, malah jangan ditunda pembeliannya. Tapi kalau barang yang mengandung kemewahan tidak perlu, sebaiknya ditunda dulu. Dengan di rumah aja, semestinya untuk pekerja kantoran yang menerapkan Work From Home bisa lebih berhemat karena biaya transportasi nihil.

Kebetulan saya ikut bertanya kemarin, dan pertanyaan saya terpilih dan mendapatkan hadiah yeay! Pertanyaan saya adalah tentang tips pengelolaan hutang. Jadi menurut Aidil Akbar, hutang itu dibagi 2 secara garis besar, hutang produktif dan hutang konsumtif.

Hutang produktif adalah hutang atas barang yang dibeli namun seiring berjalannya waktu dapat menambah manfaat finansial. Misalnya pembelian motor yang dipakai untuk mencari nafkah driver ojek online. Atau kamera bagi fotografer. Bisa juga berupa pembelian properti yang akan disewakan atau dijadikan kos-kosan, pada akhirnya memberikan tambahan penghasilan. Berhutang untuk pembelian hal tersebut boleh saja.

Hutang konsumtif adalah hutang atas barang yang cenderung kemewahan atau lifestyle. Misalnya hutang kartu kredit untuk pembelian fashion, sedangkan pekerjaan kita tidak terlalu membutuhkan penampilan super kece. Daripada menjadi kredit macet, investasi dapat dicairkan saja untuk melunasinya. Kalau bisa, malah sebaiknya pembelian ini ditunda terlebih dahulu.

Kalau untuk contoh lebih mudah lagi, misalnya kondisi jika aku harus berbelanja handphone. Kalau misalnya saya hanya ibu rumah tangga yang suka selfie dan suka pamer kekayaan ke tetangga bahwa aku selalu memakai handphone terbaru dan paling mahal, sebaiknya tidak perlu membeli atau menundanya dulu. Tetapi karena saya content creator dan membutuhkan handphone untuk memproduksi photo dan video, serta menguploadnya ke media sosial karena tuntutan pekerjaan, boleh saja membeli handphone baru. Itu pun dengan catatan kondisi hanphone sebelumnya tidak bisa menunjang pekerjaan lagi (sudah ketinggalan jaman sehingga error atau handphone rusak karena kecelakaan). Kalau bisa juga tidak perlu membeli merk yang paling mahal, yang penting kualitasnya bagus hehe.


Kolaborasi Berbagi yang Dilakukan FWD bersama SOS Children’s Village Indonesia 

Dalam menyebarkan semangat kebaikan, FWD Life memanggilmu untuk ikut “Kolaborasi untuk Berbagi”, tidak hanya materi, tetapi juga momen, harapan, dan pengalaman. FWD Life ingin menginspirasi masyarakat #BerbagiBarengFWD dengan menjangkau orang yang membutuhkan dan membuat pengaruh yang lebih besar. Diharapkan dapat memberikan semangat positif kepada masyarakat, agar tetap Celebrate Living, Celebrate Kindness, Celebrate Positivity walaupun #DiRumahAja

Dengan keadaan yang terus berubah karena pandemi ini, mengurangi penyebaran COVID-19 adalah prioritas setiap orang. FWD Life fokus untuk menyediakan perlindungan yang tepat, agar setiap orang tetap berada di rumah & memenuhi kebutuhan kesehatan dan kebersihan mereka. Yang utama adalah memastikan tersedianya jenis perlindungan asuransi yang tepat serta mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan sehingga mereka dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan melindungi diri dari risiko keuangan.

FWD Life merupakan perusahaan asuransi yang berbeda yang bertujuan untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi. Oleh karena itu, kami di FWD Life, adalah “sahabat” yang menemani setiap perjalanan hidup masyarakat. Agar lebih dekat dengan masyarakat, salah satunya melalui passion yaitu: Culinary, Movies & Book, Travel, Fashion dan Sport. FWD Life ingin mengajak masyarakat untuk dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat terhadap orang lain.



Kolaborasi dengan SOS Children’s Villages Indonesia terselenggara untuk merayakan kebaikan dan semangat positif selama masa yang penuh tantangan ini. Diharapkan dapat menginspirasi kalian untuk menolong mereka yang kurang beruntung, terutama anak-anak selama pandemi ini. Di Indonesia ada lebih dari 4.500 anak di lebih dari 2.400 keluarga yang tersebar di 10 lokasi berbeda yang terkena dampak ini. Rata-rata satu keluarga membutuhkan Rp.1 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kebersihan. Dampak yang disebabkan oleh pandemi ini tidak hanya kesehatan, tetapi banyak keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar karena pembatasan interaksi sosial yang berdampak pada keadaan ekonomi atau kondisi mereka.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan perlindungan, memberikan mereka rasa aman dan terlindungi. Hal ini termasuk mendorong mereka untuk tetap sehat, menjaga kebersihan, melakukan berbagai langkah pencegahan, seperti mencuci tangan secara rutin.



Nah itu dia keseruan aku di rumah aja bareng FWD. Lumayan banget lho bisa menambah banyak ilmu. Dari sini, aku dapat mengisi momen Ramadan dengan tetap sehat, jaga nutrisi, tetap update, tetap terhibur (entertained), organized, dan tetap refreshed. Selain itu, kita juga diingatkan untuk berbagi terhadap dengan sesama. Kalau kalian, bagaimana mengisi bulan Ramadan di tengah pandemi COVID-19? Semoga postingan ini bermanfaat ya teman-teman. Terima kasih telah membaca!


17 comments :

  1. Allhamdulillah ya mba walau di rumah kita bisa belajar bareng FWD dan bisa juga ikut berbagi. Bener-bener FWD ini mengedukasi kita ya dan banyak ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, lumayan nambah banyak ilmu hehe

      Delete
  2. Meski di rumah saja, kita tetap bisa dapat berkarya, berbagi dan upgrade diri dengan berbagai ilmu dan wawasan ya Mbak. Semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. Utang produktif mempermudah pekerjaan kita jadi lebih mudah dan gampang cari duit apalagi di masa sekarang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mpok, mau gak mau kakau kepepet dibolehkan hutang produktif :)

      Delete
  4. MasyaAllah keren banget ini acaranya. Semakin ingin tahu lebih jauh soal tips pengelolaan hutangnya. Soalnya ingin lepas hutang juga dan bisa menambah pemasukan dari investasi. Semoga bisa di tahun ini banjir rezeki jadi bisa untuk berbagi lagi, aamiin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, insyaa Allah rejeki kita semakin lancar hehe..

      Delete
  5. Alhamdullilah berkat kemajuan digital walau di rumah aja tapi bisa melakukan kegiatan bermanfaat ya?
    Juga bisa berbagi untuk anak anak yang kurang beruntung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga anak2 kurang beruntung itu bisa lebih bahagia yaa :)

      Delete
  6. Banyaak banget ilmu yg bisa didapet dr FWD yaa mbak, huhuu kok aku baru tauu, kudet sekalii rasanya :" makasih uda dibagii ilmunyaa mbaak. Sepakat banget kalau Kita tidak bisa sendirian untuk sebarkan semangat kebaikan. Kalau bersama-sama pasti lebih banyak lagi kebaikan yg bisa dibagii ☺️

    ReplyDelete
  7. Wah, seru banget acara bareng FWD, bikin Ramadan kemarin lebih banyak ngerjain hal positif. Mengenai keuangan, semasa pandemi ini cukup banyak berpengaruh, ya. Bagus juga ada FWD yang berkolaborasi dengan SOS Children's Village, memang banyak yang harus dibantu, moga Kita bisa lebih peka lagi. Mengatur keuangan memang harus menyisihkan dana buat asuransi kesehatan, pendidikan dan asuransi jiwa. Ketiga ini paling penting menurut saya.

    ReplyDelete
  8. Wah tipsnya sangat bermanfaat
    Di era pandemi seperti ini memang harus lebih bijak atur keuangan ya mbak

    ReplyDelete
  9. Seru yaa mba serangkaian acaranya FWD ini, bikin kita tetap aktif dan produktif, plus kalo aku bakar kalori nih yang masih aja hobi berkerumun pdhl lagi PSBB juga

    ReplyDelete
  10. Asik juga ya ikut acara virtual bareng FWD ini, jadi kegiatan di rumah aja pun tetep produktif. Alhamdulillah aku udah terbiasa mengelola keuangan sejak masih lajang. Jadi nggak kaget kaget lagi ketika pandemi seperti sekarang

    ReplyDelete
  11. Wabah COVID-19 membuat perubahan yang cukup besar ke gaya hidup. Semasa #dirumahaja, banyak konten edukasi seperti FWD yang buat kita mikir-mikir lagi menggunakan uang.

    ReplyDelete
  12. Financial literacy bagus banget biar saya atau lainnya melek financial. Suka mbak.

    ReplyDelete
  13. Seperti biasa ya kak nae, buat kita yang udah terbiasa kerja di rumah, tetep bisa berkarya walaupun dirumah aja. Biar ngga bosen dan tetep punya aktivitas :)

    ReplyDelete

Popular Posts