Mengenal Asuransi Mobil Murah All Risk

Tuesday, 4 August 2020

Mengenal Asuransi Mobil Murah All Risk


Apakah Anda sudah memastikan bahwa kendaraan Anda memiliki asuransi mobil yang menanggung? Jika belum, wah Anda berarti ketinggalan hal krusial yang sangat wajib untuk dimiliki! Pasalnya, asuransi mobil murah bisa membantu Anda untuk menghindari resiko-resiko yang memungkinkan Anda untuk repot dan merugi di kemudian hari. Mengapa?





Memahami asuransi mobil murah untuk kebaikan Anda di masa depan

Baik membeli mobil bekas atau pun mobil baru, Anda perlu mengetahui beberapa hal agar pengalaman berkendara Anda semakin nyaman. Selain kondisi kendaraan dan juga lokasi servis suku cadang terdekat, Anda harus mengetahui seluk beluk asuransi mobil murah untuk kenyamanan jangka panjang Anda.

Tidak heran jika Anda masih kebingungan soal asuransi mobil murah di Indonesia. Pasalnya, konsep asuransi sendiri masih asing dan belum diedukasi secara baik kepada seluruh masyarakat Indonesia. Apa yang dipikirkan soal asuransi adalah “Kenapa saya harus membayar uang setiap bulan atau setiap tahun untuk sesuatu yang belum terjadi?”

Layaknya asuransi kesehatan manusia, asuransi mobil murah menjamin risiko kecelakaan yang tidak dapat ditebak dan tidak terduga sehingga dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin. Ini artinya, jika dikemudian hari terdapat hal-hal di luar prediksi seperti tabrakan, kecelakaan, bahkan kehilangan, Anda justru mendapat ganti rugi sebesar harga mobil atau sesuai yang disepakati di polis asuransi tersebut!

Anda tidak akan pernah membayangkannya hingga merasakan manfaatnya
Bayangkan Anda sedang membelikan sebuah mobil keluaran terbaru untuk putra Anda yang baru saja lolos ujian masuk perguruan tinggi ternama. Anda tentu mengejutkannya dengan sebuah mobil bersih yang mulus di garasi untuknya!



Besoknya, putra Anda tentu tidak sabar untuk mengendarainya. Putra Anda sudah 3 tahun memiliki surat izin mengendarai mobil, namun ini adalah saat pertamanya mengendarai mobil pribadi. Tentulah ia masih ‘kagok’ dan belum luwes dalam bermanuver. Tiba-tiba saja ada mobil dari arah berlawanan yang mengebut dan putra Anda belum sempat berbelok, terjadilah kecelakaan yang tentu tidak diinginkan!

Beruntunglah putra Anda selamat tanpa kurang suatu apa, namun sebuah goresan dan penyok besar menghiasi bagian samping mobil yang usianya kurang dari 1 hari!

Di sinilah peran asuransi mobil murah Anda menyelamatkan hidup Anda. Anda tinggal mengambil foto bukti kecelakaan seperti lokasi goresan dan penyok serta beberapa administrasi klaim, dan tunggulah tanggungan dari asuransi mobil murah Anda cair untuk mendapatkan biaya pengganti kerusakan!

Tampak realistis dan dekat dengan kehidupan Anda, bukan? Inilah mengapa asuransi mobil murah bukan sekadar konsep tapi sangat berguna untuk menghadapi hal-hal yang sangat mungkin terjadi.

Mengenal asuransi mobil murah All Risk, penyelamat kendaraan Anda

Mari berkenalan dengan asuransi mobil murah All Risk. Jenis asuransi mobil ini melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Tidak main-main, bahkan asuransi mobil imurah ni juga bisa melindungi Anda dari kehilangan alias pencurian mobil. Jangan lupa pastikan polis asuransi memang menanggung hal tersebut.

Ilustrasi kasus di atas merupakan contoh dari penerapan asuransi mobil murah All Risk. Baik goresan ringan, sedang, hingga berat pun akan diklaim oleh penyedia layanan asuransi mobil murah Anda!

Berapa harga asuransi All Risk?

Mengingat begitu banyak keuntungan dari asuransi mobil murah All Risk, tidak heran jika harganya pun cukup tinggi sehingga banyak orang mempertimbangkan sebelum mendaftar. Premi asuransi All Risk adalah sekitar 3% dari harga mobil, namun ada pula loading rate sebesar 5% dari harga mobil per tahunnya. Semakin lama keluaran mobil Anda, loading rate bisa semakin berkurang.

Begitu pula dengan biaya own risk atau kecelakaan tunggal seperti kelalaian pribadi yang tidak ditanggung penyedia asuransi mobil murah. Paling tidak, Anda diminta membayar sebagian biayanya saja. Sisa biaya perbaikan kerusakan mobil akan dibantu oleh penyedia asuransi mobil murah

Tapi jangan khawatir. Peraturan terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 1 Maret 2014 menetapkan bahwa premi asuransi mobil murah memiliki batas bawah dan batas atas. Batas atas membantu agar Anda sebagai pembayar premi tidak kesulitan dan terbebani dengan harga yang bisa melonjak tinggi.




Simulasi harga asuransi All Risk

Umumnya, harga premi  asuransi mobil murah disesuaikan dengan uang pertanggungan dan bersifat regresif. Artinya, semakin mahal mobil Anda, maka semakin sedikit premi yang harus dibayarkan.

Semisal Anda memiliki mobil keluaran terbaru yaitu Toyota Fortuner dengan harga Rp 500 juta. Rupanya, mobil tersebut termasuk dalam kategori 4 yaitu mobil dengan harga tanggungan Rp 400 juta - Rp 800 juta dengan biaya premi 1,2% per tahunnya. Berapa biaya premi asuransi mobil murah Anda?

Tinggal kalikan saja biaya premi asuransi mobil murah dengan biaya harga mobil Anda, yaitu 1,2% dikali 500 juta dan Anda akan mendapatkan angka Rp 6 juta. Ini adalah biaya yang harus Anda bayarkan per tahunnya kepada penyedia asuransi mobil murah. Namun hal ini belum termasuk loading rate sebesar 5%.

Cukup mahal?

Tentu, namu Anda bisa mendapatkan klaim yang sangat luas bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengklaim kerusakan akibat banjir! Tentunya dengan mendiskusikan resiko banjir dan perluasan perlindungan kepada penyedia asuransi mobil murah Anda.

Cara termudah untuk mencari asuransi mobil murah terbaik? Bandingkan saja harganya antar penyedia layanan asuransi! Dengan Cekaja.com, Anda bisa memasukkan informasi seputar kendaraan dan lokasi tempat tinggalmu sebagai prasyarat harga premi. Nantinya Anda akan mendapatkan katalog harga antar penyedia asuransi mobil murah yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget Anda.

Memiliki asuransi mobil murah adalah sebuah kewajiban. Apalagi dengan cara mencari penyedia terbaik yang semakin mudah. Yuk segera mendaftarkan kendaraan Anda menjadi tanggungan asuransi agar hidup Anda lebih worry free.

https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.


Terima kasih telah membaca blog ini. Nah apakah kamu sudah menggunakan fasilitas asuransi all risk di kendaraan pribadimu? Yuk cerita bareng di kolom komentar ya!

11 comments :

  1. Loading rate itu apa sih mbak? Yang 5% itu dikalikan dengan harga Fortuner yang 500 juta kah? Jadi yang tahunan dibayarkan itu 6 juta dan perhitungan loading rate ya? Tapi risiko bisa diklaim ya dan kita jadi ga ketar-ketir jika terjadi musibah yang tak diinginkan. Tidur pun nyenyak :) Mantap!

    ReplyDelete
  2. Lumayan ya preminya. Tapi kalo melihat manfaatnya, plus bisa klaim kalo kena banjir, kayaknya perlu banget dipertimbangkan. Terutama yang tinggal di daerah rawan banjir.

    ReplyDelete
  3. Preminya 3%, sedangkan loading rate 5%. Loading rate ini gimana maksudnya, Mbak? Memang kalau diitung preminya cukup lumayan, tapi kan manfaat kedepannya juga perlu dipertimbangkan

    ReplyDelete
  4. Dari awal punya kendaraan sendiri aku dan suami selalu mengasuransikannya, All Risk Insurance. Premi tahunan memang kalau dipikir lumayan, tapi keuntungannya lebih besar. Pasalnya kami setahun biasa mudik ke Jawa Timur 2x dan hobi jalan juga(roadtrip). Risiko di jalan banyak. Seperti pernah mudik lebaran baru sampai Karawang sudah dihantam bis dari sisi kiri. Kalau dihitung biaya body paint bisa belasan juta atau lebih. Tapi karena diasuransikan jadi kena 300 ribu dihitung sekali biaya kejadian.

    ReplyDelete
  5. Nggak hanya memikirkan untuk perlindungan terhadap diri, pendidikan dan kesehatan aja ya, perlu banget nih yang memiliki kendaraan dengan memproteksi kendaraannya

    ReplyDelete
  6. Asuransi mobil ini penting juga yah jangan sampai ada apa2 sama kendaraan kita deh, aamiin.

    ReplyDelete
  7. Wah, ternyata lumayan ya biaya asuransi all risk kendaraan. Ada biaya premi + loading rate. Tapi kalau memang kerjaannya mobile dan sering mengemudi jarak jauh sih worthed ya, resiko bisa lebih besar dibandingkan biaya asuransi yang dikeluarkan.

    ReplyDelete
  8. Alhamdullillah, kami selalu menggunakan asuransi all risk, karena mobilnya dipakai buat kerja.

    Menurutku, asuransi mobil penting, untuk meminimalisasi resiko apalagi barang bergerak ya, hampir beroperasi setiap hari lebih dari 12 jam per hari.

    Sangat terbantu dengan asuransi all risk ini!

    ReplyDelete
  9. Di zaman kayak sekarang, semua gak bisa diprediksi. Jadinya kita kudu bisa aware dengan semuanya. Termasuk kendaraan. Butuh proteksi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa ya kita cari asuransi yang bagus, tapi juga murah. 👌

    ReplyDelete
  10. If you want to exit a policy before its term ends you can discontinue it and take back your money. asuransi kesehatan allianz

    ReplyDelete

Popular Posts