Tips Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Wednesday, 5 August 2020

Tips Aman Belanja Online Dengan Kartu Kredit


Membeli sesuatu lebih mudah dan praktis bila dilakukan melalui marketplace online. Cukup memilih produk yang disukai dan membayar tagihan, barang dikirim dan diterima dengan aman di rumah. Dewasa ini, belanja online menggunakan kartu kredit menjadi pilihan utama.

Banyak promo menarik yang ditawarkan dengan tingkatan suku bunga kompetitif sehingga terasa lebih menguntungkan.






5 Tips Belanja Online Aman Menggunakan Kartu Kredit

Belanja online menggunakan credit card memang membawa banyak keuntungan. Namun, Anda harus tetap waspada agar data penting kartu kredit tidak tercecer di dunia maya dan dimanfaatkan oleh tangan jahil untuk keuntungan mereka. Berikut ini tips menjaga transaksi online tetap aman ketika memakai credit card:

1. Hapus History Setelah Melakukan Transaksi Online

Belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Saat butuh baju atau sepatu, Anda tinggal klik situs belanja dan beli barang-barang yang disukai. Metode pembayaran yang ditawarkan situs belanja online juga sangat beragam.

Anda yang hobi belanja online menggunakan kartu kredit harus lebih berhati-hati karena rawan penipuan. Agar terhindar dari penipuan atau penyalahgunaan kartu kredit, lakukan clear history secara teratur setelah melakukan transaksi. Jangan tunggu setelah satu pekan atau bahkan berbulan-bulan, lakukan sesaat setelah tagihan dilunasi.

2. Gunakan Credit Card Dengan Fitur 3D Secure

Setiap bank mengeluarkan kartu kredit dengan fasilitas dan fitur tertentu. Dari sekian banyak credit card, pilihlah bank yang menyediakan fitur 3D Secure. Fitur ini akan membantu memberikan keamanan 2x lebih banyak terutama dari kejahatan penyalahgunaan  credit card.

Maka sebelum membuat kartu kredit, tanyakan terlebih dahulu pada bank fitur-fitur yang ditawarkan. Setiap bank juga memiliki beberapa macam layanan credit card bukan hanya satu jenis. Anda bisa memilih dan mempertimbangkan jenis credit card yang paling sesuai dengan kebutuhan belanja saat ini.

3. Periksa Tagihan Credit Card Secara Berkala

Selain memeriksa produk belanja yang Anda pesan secara berkala, periksa pula tagihan kartu kredit yang masuk. Hal ini akan membantu mengurangi kerugian akibat penyalahgunaan kartu orang pihak lain.

Dan jika Anda menemukan aktivitas aneh dari salah satu kartu kredit yang Anda miliki. Laporkan segera pada pihak bank agar problem bisa segera ditelusuri dan selesaikan. Kejahatan tidak bisa dilakukan jika Anda selaku pemilik sah kartu lebih waspada.


4. Lakukan Transaksi Hanya Di Markeplace Online Terpercaya

Di Indonesia, jumlah marketplace online yang menawarkan metode pembayaran kartu kredit sangat banyak. Dan jumlahnya dipercaya akan semakin bertambah setiap tahunnya. Dari sekian banyak marketplace online, pilihlah situs belanja yang sudah terkenal memiliki reputasi baik dan terpercaya. Tidak ada laporan atau komentar negative yang diberikan oleh konsumen.

Pilih juga situs yang menggunakan sistem monitoring OTP. Namun jika situs yang sering Anda gunakan tidak memakai sistem tersebut, pastikan tidak menyimpan nomor kartu kredit dengan alasan apa pun.

5. Cek Kebenaran Alamat Website Situs Belanja

Pernah mendengar istilah Typosquatting atau Cyberquatting? Istilah ini melekat kuat dengan stigma negative yang bila didefinisikan secara sederhana artinya kegiatan menduplikasi situs. Bahkan cyberquatting bisa menduplikasi situs-situs belanja unicorn sehingga konsumen terkecoh dan tertipu.

Agar terhindar dari resiko cyberquatting, pastikan selalu tulis alamat website marketplace online dengan baik dan benar. Utamakan pula belanja online melalui PC/Laptop karena resiko mengalami cyberquatting lebih rendah daripada belanja langsung di smartphone.


Macam-Macam Bank Dengan Layanan Kartu Kredit Terbaik

Untuk keamanan dan kenyamanan belanja menggunakan credit card, pilih bank terbaik yang menawarkan beragam fasilitas security. Berikut ini macam-macam bank yang menyediakan layanan lengkap untuk pengguna kartu kredit:

1. BNI

BNI termasuk bank terpopuler di tanah air, kiprahnya di dunia perbankan tidak perlu diragukan. Bahkan untuk jenis kartu kredit, bank BNI menelurkan banyak pilihan mulai dari BNI Visa Gold yang bekerjasama dengan provider Visa.

Atau BNI MasterCard Style Titanium yang berkolaborasi dengan MasterCard. Masing-masing kartu kredit menawarkan fitur dan fasilitas yang berbeda. Anda bisa memilih jenis kartu credit yang paling sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan bulanan.

2. BRI

Tidak kalah bagus dari BNI, BRI turut menghadirkan banyak fasilitas kartu kredit yang bisa diajukan oleh pengguna setia bank BRI. Mulai dari BRI Easy Card, BRI MasterCard Platinum hingga BRI World Access.

Ketiga kartu kredit tersebut menggunakan provider MasterCard sehingga memiliki fasilitas dan fitur berskala internasional. Cara pengajuan kartu kredit via BRI juga sangat mudah karena bank-nya tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan kini mengajukan credit card bisa dilakukan via daring.



3. CIMB Niaga

Ingin mencoba pengalaman baru bersama CIMB Niaga? Silahkan Anda buka rekening dan buat kartu kredit di bank tersebut. Layanan credit card yang paling populer di antaranya adalah CIMB Niaga MasterCard Syariah Gold atau CIMB Niaga Visa Platinum.

Pengguna kartu kredit CIMB Niaga memiliki kemudahan untuk belanja secara online di berbagai aplikasi atau situs marketplace terbaik di Indonesia.

4. OCBC NISP

Layanan perbankan yang diselenggarakan OCBC NISP juga sangat lengkap tidak kalah dari bank-bank raksasa yang sudah lebih dahulu populer di Indonesia. Selain menawarkan layanan terbaik dari OCBC NISP MasterCard Titanium, mereka juga menyediakan kartu kredit OCBC NISP Visa Platinum.

Pemilik rekening OCBC NISP atau nasabah baru bisa memilih jenis kartu kredit yang diinginkan dengan sejumlah fitur dan keuntungan di dalamnya. Dan mengoptimalkan penggunaan credit card di berbagai situs belanja daring.

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk memilih bank penyedia layanan kartu kredit? Untuk proses cepat dan mudah, manfaatkan layanan profesional dari cekaja.com, silahkan kunjungi situsnya di link berikut.
https://www.cekaja.com/kartu-kredit/

Cekaja.com merupakan platform finansial store yang melayani pengajuan kartu kredit secara online. Layanan pengurusan credit card by Cekaja.com dilakukan secara profesional dengan bantuan tenaga ahli di bidang finansial dan perbankan. Bersama Cekaja.com, Anda bisa merasakan pengalaman menyenangkan belanja menggunakan kartu kredit.


Terima kasih sudah membaca blog ini. Apakah kalian ada yang sering bertransaksi menggunakan karti kredit secara online? Silakan bercerita di kolom komentar ya!

17 comments :

  1. Salah satu yang paling praktis memang belanja dengan menggunakan kartu kredit sih, apalagi suka ada yang menawarkan diskon.

    ReplyDelete
  2. tapi tetap harus hati2 mbak kalau belanja pakai cc karena sudah banyak yang kebobolan juga, tipsnya harus belanja di website terpercaya biar data2 kita nggak bisa diambil sama org yg ga bertanggung jawab

    ReplyDelete
  3. terima kasih mba tipsnya, saya kadang suka lupa hapus-hapus tuh kalau abis belanja kadang suka ga mau ribet suka save gitu nomor kartunya, biar kalau belanja itu udah otomatis, padahal ini bahaya ya, dan jarang banget ngechek2 kalau abis belanja, wah wajib niy check mulai sekarang biar aman

    ReplyDelete
  4. Tipsnya membantu banget kakak, karena penting banget menjaga kartu kredit kita agar tidak sampai namanya di bobol orang lain. Ternyata banyak banget tipsnya.

    ReplyDelete
  5. Isi ccku sekarang biaya fb ads dan ig ads buat promosi hahaha. Bener2 pake kalo urgent doank sih. Kapok pernah punya bad experience dengan kartu kredit. Harus bijak2 deh .

    ReplyDelete
  6. Aku kudet dengan CC. Jadinya gak pernah punya. Selain itu, juga takut kebablasan kalo belanja. Jadinya lebih milih kartu debit ajà. Kalo perlu CC, aku biasanya numpang ke kakak aja. 😅

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau ada Kartu Kredit dengan fitur 3D.
    Memang bagi yang hidupnya membutuhkan kartu kredit, tentu memilikinya adalah salah satu kebahagiaan.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Kak tipsnya ini sangat membantu buat aku yang suka banget belanja online pakai kartu kredit.

    ReplyDelete
  9. Aku sudah mau 8 tahunan kayanya deh ngga pakai kartu kredit lagi, jadinya pakai cash saja bayar apa-apa. Agak trauma konsumtif hehe. Tapi aku baru tahu lho sekarang ada fitur 3D Secure

    ReplyDelete
  10. Belanja menggunakan kartu kredit tertentu kadang promonya sampai kebawa mimpi lol

    ReplyDelete
  11. Atasan ku pernah kena cyberquatting ini nih. Akhirnya 30jt melayang. Sedih, mana uang kantor.
    Jadi memang harus tau juga ya fitur2 dan sistem keamanan dari bank yang ngeluarin kartu kredit.

    ReplyDelete
  12. Bener kalau pakai kartu kredit harus pinter2 teliti soal keamananannya. Aku dlu smpt punya banyak kk tpi akirnya ku tutup smua cuma pake 1 aja skrg

    ReplyDelete
  13. Tipsnya lengkap nih agar transaksi menggunakan kartu kredit selalu aman, zaman sekarang memang serba menakutkan deh...kitanya yang harus lebih pintar dan jeli...

    ReplyDelete
  14. Kadang kalau belanja pakai kartu kredit tuh suka takut dibobol ya mbak. hehe. ini tipsnya berguna banget nih, biar aman.

    ReplyDelete
  15. PR banget ini ya mba yang sering transaksi make kartu kredit kudu hati-hati. AKu nggak punya kartu kredit ehehehe

    ReplyDelete
  16. Suami pernah nih ditawarin kartu kredit dari bank yang dekat banget dengan kantornya, tapi sampai sekarang belum diaktifkan karena takut kalap kalau belanja pakai kartu kredit. padahal aman saja ya kalau tahu tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  17. godaan banget nih kalo udah lihat diskonan kartu kredit haha kurasa memang pengguna kartu kredit perlu hati2 ya jangan sembarang masukin info kartu dan data karena resiko dibobol besar

    ReplyDelete

Popular Posts