Cara Cermat Memilih Jajanan yang Sehat untuk Buah Hati

Featured post

Review PIXY Stay Last Serum Foundation yang Kece dan Super Terjangkau

Halo cantik, aku mau share ke kalian tentang foundation yang kece nih. Produk lokal ini harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, yaitu PIX...

Sunday, 18 April 2021

Cara Cermat Memilih Jajanan yang Sehat untuk Buah Hati


Menjaga pola makan sehat tentunya tidak akan lengkap tanpa pemilihan jajanan yang baik pula. Bahkan, tidak jarang pola hidup dan makan sehat justru tidak terpenuhi karena makan jajanan sembarangan. 

Terutama untuk si buah hati yang masih belum tahu akan makanan yang sehat. Lantas, bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? Berikut ulasan lengkapnya.



1. Kandungan Makanan Harus Bernutrisi Seimbang 

Tidak hanya tentang apa yang dimakan, namun juga sebanyak apa si buah hati makan. Kamu harus siap memastikan porsi jajanan yang cukup dan tidak berlebihan. 

Menurut webmd.com, kamu bisa mengatur dan membatasi jumlah jajan di setiap piringnya. Pastikan sudah cukup sayur, buah, gandum, produk ternak, dan daging.  

Setidaknya si buah hati harus mengkonsumsi ¼ atau 1/3 buah matang dan 1 potong buah segar. Begitu pula dengan ¼- ½ gelas sayur atau salad. Tidak lupa, pastikan untuk konsumsi ½ - 1 lembar roti, 1 – 3 ounce daging, dan ½ -1 gelas susu. Jika si kecil susah makan buah, gunakan waktu jajan untuk memberi buah dan sayur.  


2. Lihat Kandungan Makanan 

Cara memilih jajanan yang sehat juga harus diajarkan dengan melihat label kemasan. Jelaskan pada si buah hati, untuk melihat kandungan sodium, lemak, dan gula. 

Kamu dapat mengajari untuk memilih jajanan dengan kadar sodium kurang dari 200 mg, kalori kurang dari 200, sedikit gula dan lemak. 

Disarankan juga untuk selalu cek tabel nutrition fact dibalik kemasan. Beberapa faktor yang hendaknya di pertimbangkan adalah kalori yang seimbang, buah segar, kombinasi protein dan karbohidrat, dan menghindari segala jajanan dengan tambahan gula, serat, air berlebih, dan makanan siap saji. 



3. Perhatikan Kebersihan 

Kebersihan makanan juga wajib dipertimbangkan. Terutama untuk jajanan yang dijual di jalanan. Pasalnya, hal ini dapat berdampak pada risiko kontaminasi bakteri berbahaya. 

Sebaiknya, jangan biarkan anak terlalu sering jajan sembarangan di luar. Beritahu pada anak bagaimana cara yang tepat untuk memilih jajanan yang sehat.


4. Makanan dengan Kemasan yang Baik 

Kamu juga harus perhatikan cara memilih jajanan yang sehat melalui kemasannya. Menurut sebuah penelitian di tahun 1988, jenis kemasan dapat mempengaruhi potensi kontaminasi pangan. 

Seperti pada bahan plastik yang sering digunakan penjaja jajanan jalanan, yang memiliki potensi sebesar 3x106 bakteri/ml. 

Dengan demikian, pastikan untuk memilih makanan yang ditutup dengan rapat. Tidak hanya itu, sumber yang sama juga menyarankan untuk menghindari jajanan dengan kemasan kertas dan koran karena adanya kandungan timbal. 


5. Hindari Makanan Berwarna 

Studi tahun 2010, menemukan 500% peningkatan penggunaan pewarna makanan dan konsumsinya di kalangan anak anak. Ada baiknya, menghindari jajan dengan warna mencolok. 

Hal ini karena dapat menyebabkan efek alergi dan memiliki kandungan penyebab kanker. Karenanya cara memilih jajanan yang sehat ini sangat penting. 

Pada dasarnya, si buah hati masih belum tahu apakah yang baik dan buruk dalam hal makanan atau camilan. Terutama untuk si buah hati yang masih dalam masa pertumbuhan di usia muda. 

Untuk memberikannya jajanan yang sehat, kamu bisa membelinya melalui melalui Curated Healthy Ecommerce dari Awal Mula yang menyediakan berbagai kebutuhan makanan dan minuman sehat dari bahan-bahan alami yang dibuat oleh brand lokal di Indonesia.

0 komentar :

Post a comment

Popular Posts