Review P2P Lending Akseleran, Pendanaan UMKM Menguntungkan!

Featured post

Review PIXY Stay Last Serum Foundation yang Kece dan Super Terjangkau

Halo cantik, aku mau share ke kalian tentang foundation yang kece nih. Produk lokal ini harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, yaitu PIX...

Monday, 19 April 2021

Review P2P Lending Akseleran, Pendanaan UMKM Menguntungkan!


Halo teman, bagaimana kabar kalian saat ini? Semoga selalu bahagia ya! Aku mau cerita sedikit pengalamanku saat mengelola uang. Singkat cerita aku mencoba platform Akseleran, yaitu tempat memberikan pendanaan bagi suatu usaha, yang nantinya kita mendapat bagi hasilnya.

Sekilas info, kalian bisa mendapatkan saldo gratis Rp100.000 untuk mulai memberikan pinjaman UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) melalui Akseleran dengan menggunakan kode referral AKSLRATNA413625 yah!



Sempat terpikirkan untuk memulai usaha baru, tetapi karena daya beli masyarakat sedang menurun karena dampak pandemi, akhirnya aku mengurungkan niat. Investasi emas sudah terlalu mahal. Kondisi saham juga sedang tidak menentu. Mau membeli properti juga uangnya belum cukup. Akhirnya aku tertarik mencoba Akseleran. 

Ayo kita bedah bareng apa itu Akseleran ya gengs, selamat membaca!


Apa Itu Akseleran?

Platform ini mempertemukan dua belah pihak yang memiliki kepentingan, yaitu lender (pemberi dana) dan borrower (peminjam dana). Akseleran merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang Financial Technology (Fintech). Memadukan antara sistem peer to peer (P2P) lending dengan crowdfunding atau urun dana.

Saat ini banyak UMKM yang kesulitan mendapatkan modal guna memulai, mengelola, dan mengembangkan usahanya. Namun tak sedikit pemilik dana lebih yang bingung untuk menyalurkan dananya. 

Potensi inilah yang memberikan inspirasi dan kemudian dimanfaatkan oleh seorang Ivan Nikolas Tambunan dan para co-founder Akseleran untuk membangun startup fintech P2P Lending ini.

Sebagai portal crowdfunding terintegrasi di Indonesia, Akseleran telah berhasil menghubungkan startup, usaha tahap awal, dan UMKM yang membutuhkan modal baik untuk memulai atau mengembangkan usahanya dengan para pihak yang memiliki dana. 

 


Cara Kerja Akseleran

Seperti cara kerja platform peer to peer lending (P2P lending) pada umumnya, Akseleran juga melakukan penggalangan dana dari beberapa lender atas permohonan pinjaman yang diajukan oleh pelaku usaha. Akseleran bertugas sebagai mediator atau pihak yang menjembatani kepentingan pelaku usaha dengan para lender.

Selain sebagai mediator, Akseleran berperan mengurus tertib administrasi pinjaman yang berhasil dicairkan. Platform ini tidak mengelola dana yang berhasil digalang dari para lender. Pengelolaan dana dilakukan oleh tim penggalang dana yang kredibel. 

Pelaku usaha startup maupun UMKM mengajukan pinjaman secara online di situs resmi Akseleran yang beralamat di https://www.akseleran.co.id/. Namun, sebelumnya pelaku usaha harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada situs tersebut.

Setelah terdaftar barulah pelaku usaha tercatat sebagai pengguna platform Akseleran dapat mengajukan pinjaman dengan mengisi formulir yang telah disediakan termasuk presentasi tentang jenis usaha dan prospek ke depannya serta nilai pendanaan yang dibutuhkan.

Tim analisis dari Akseleran kemudian menganalisis kelayakan usaha dari pengusaha yang mengajukan pinjaman. Apabila dinilai layak, kemudian Akseleran memposting penggalangan dana untuk usaha tersebut yang menampilkan informasi jumlah pinjaman, tenor, bunga efektif per tahun, agunan, cara dan frekuensi pembayaran. 

Tak hanya itu, di setiap penggalangan dana dicantumkan pula peringkat atau grade Grade usaha ini didasarkan pada hasil analisis kelayakan usaha yang telah dilakukan tim Akseleran.

Proses penggalangan dana berlangsung 1-2 hari. Jika pada hari terakhir telah mencapai setidaknya 80 persen, maka penggalangan dana dinyatakan berhasil dan siap dicairkan kepada peminjam. Namun, apabila dalam jangka waktu yang ditentukan tidak tercapai minimum 80 persen, maka penggalangan dana gagal. Dana yang terlanjur masuk akan dikembalikan kepada para lender.

 


Syarat Pengajuan Pinjaman oleh Pelaku Usaha

Akseleran membuka pintu selebar-lebarnya bagi pelaku usaha yang kesulitan mencari pendanaan. Syarat yang harus dipenuhi UMKM untuk mengajukan pinjaman mudah saja:

  • Sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan kami sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 Juta.
  • Sudah berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  • Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

Akseleran menawarkan suku bunga pinjaman yang kompetitif mulai dari 6.48 – 17 % bunga flat per tahunnya. Sementara tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman bervariasi mulai dari 1 hingga 24 bulan dengan model pembayaran angsuran maupun bullet payment. 

Apa itu bullet payment? Suatu cara pembayaran pinjaman di mana setiap bulan peminjam hanya berkewajiban untuk membayar bunganya saja, sedangkan pokok pinjaman dan bunga yang masih berjalan dilunasi pada saat tenor berakhir atau jatuh tempo.

Apakah pengajuan pinjaman ke Akseleran harus menggunakan agunan? Bisa ya, bisa juga tidak. Akseleran memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam hal agunan. Artinya Akseleran tidak mewajibkan adanya agunan setiap permohonan pinjaman yang diajukan oleh pelaku usaha.

Jika pelaku usaha mampu menyediakan agunan, maka analisis kelayakan usaha untuk mendapatkan pinjaman akan lebih ditingkatkan dan suku bunga pinjaman akan diturunkan. Demikian pula berlaku sebaliknya. Jenis agunan yang bisa digunakan beragam, baik peralatan, tagihan (invoice), persediaan dagang, surat kendaraan bermotor, maupun surat tanah dan bangunan.



Keuntungan Mengembangkan Dana di Akseleran

Akseleran menawarkan beragam keuntungan bagi para lender yang ingin memberikan pinjaman melalui platform ini. Berikut keuntungan yang bisa diperoleh lender di Akseleran:

- Proses pemberian pinjaman begitu mudah dan sederhana, karena mulai dari proses administrasi, analisis kredit, dokumentasi hukum, pembayaran, dan penyelesaian transaksi dilakukan oleh tim Akseleran, sehingga lender tidak perlu repot untuk mengurus hal-hal tersebut. Terlihat dengan jelas data pinjaman kredit dan profil perusahaan sehingga memudahkan memilih kampanye yang akan didanai. 



 - Memperoleh tingkat bunga yang kompetitif. Tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan dan deposito bank. Potensi imbal hasil hingga 21% per tahun. Setiap peluang pinjaman memiliki suku bunga yang berbeda sesuai dengan hasil analisis kelayakan dan risiko pinjaman yang dilakukan oleh Tim Akseleran.

- Berinvestasi di Akseleran dijamin keamanannya. Akseleran telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga operasional dan segala transaksi di platform ini aman. Selain itu, Akseleran didukung oleh tim yang terdiri dari orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional di bidang investasi dan pembiayaan, sehingga paham betul dengan perlindungan yang dibutuhkan para pemberi dana.



- Pilihan pendanaan beragam mulai dari pemberian pinjaman tanpa agunan, dengan agunan, hingga penyertaan modal (saham). Dalam hal penyertaan modal, Akseleran bertindak sebagai kustodian yakni pihak yang akan mengelola saham pemberi dana pada usaha yang didanai. Selain agunan, laporan keuangan juga menjadi pertimbangan, dan terlihat dengan jelas juga di platform ini.

- Batas minimum pendanaan yang terjangkau, di mana lender dapat memberikan pinjaman mulai dari Rp100.000.


Modal menjadi masalah krusial dalam upaya merintis dan mengembangkan usaha. Dengan adanya platform P2P lending seperti Akseleran tentu akan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan dan pemberi dana. 

Beragam fitur yang ditawarkan Akseleran menjadikannya tak kalah menarik dibandingkan dengan platform P2P lainnya. Sistem crowdfunding pada Akseleran memberikan nilai plus dalam menarik minat peminjam dan pemberi dana pada platform yang satu ini.

Pastinya akan ada risiko yang mungkin dihadapi oleh para lender. Hal ini dapat diminimalisir dengan melakukan diversifikasi pendanaan. Artinya, lender tidak hanya menempatkan dana atau memberikan pinjaman pada satu jenis usaha saja, tetapi pada beberapa jenis usaha yang ditawarkan dan tentunya menarik minat pemberi pinjaman dana.

Saat ini Akseleran telah mengimplementasi perlindungan asuransi kredit atas beberapa pinjaman yang beragunan invoice (tagihan) dan seluruh pinjaman Online Merchant. Premi asuransi ini dikompensasikan dalam bentuk tingkat imbal hasil yang telah disesuaikan kepada lender / pemberi pinjaman. 

Asuransi kredit akan memberikan pengembalian 85% dari total pokok pinjaman beragunan invoice (tagihan) dan 80% dari total pokok pinjaman Online Merchant yang masih terhutang pada hari ke-90 sejak tanggal jatuh tempo pinjaman.


Nah itu dia penjelasan mengenai segala kemudahan yang diberikan pendanaan online Akseleran. Semoga dapat mendorong para pelaku usaha berani dalam memulai dan melakukan ekspansi usahanya. Kemudahan dalam pendanaan diharapkan mampu melahirkan pengusaha baru yang inovatif serta menghasilkan keuntungan bagi semua pihak. 

Untuk yang ingin mulai mengembangkan dana dengan modal terbatas juga terbantu untuk memulai proses peminjaman dana yang aman, dan memberikan manfaat ekonomi sesuai harapan. 

Jangan lupa, kalian bisa mendapatkan saldo gratis Rp100.000 untuk mulai mendanai UMKM melalui Akseleran dengan menggunakan kode referral AKSLRATNA413625 yah. Ayo kalian coba juga yuk!


15 comments :

  1. Pendanaan umkm melalui akseleren bisa maksimal untuk pengembangan usaha.

    ReplyDelete
  2. Wah mantap sekali ya kak ada akseleran semua kesulitan pelaku UMKM untuk memulai usaha di kala pandemi melanda bisa tetap jalan dengan meminjam dana di akseleran. Saya hanya kasih saran aja ya, kalo pinjem dana secara online maka P2P lending memang penting sekali dipertimbangkan hanya untuk buka usaha/wirausaha. Tapi kalo minjem dana di akseleran hanya untuk memenuhi gaya hidup hedon sebaiknya jangan.

    ReplyDelete
  3. Pinjaman dana yang aman dan terpercaya nih.. Nah jadi alhamdulillah para umkm bisa bertahan nih usahanya

    ReplyDelete
  4. Pinjaman seperti Akseleran ini bisa memudahkan pelaku UMKM berbisnis. Dengan adanya modal yang diperoleh maka akan meningkatkan pendapatan. Alhamdulillaah P2P lending ini sudah terpercaya dan aman jadi masyarakat yang membutuhkannya yakin sekali. Tfs. Btw, maaf, font blog ini kurang terbaca, tipiiis banget hehe 😊🙏🙏

    ReplyDelete
  5. wahhh keren nih akseleran. Selain dapat membantu UMKM yang sedang butuh modal, juga membantu pemodal yang sedang bingung hendak memakai uangnya

    ReplyDelete
  6. Wah, ini aplikasi sangat membantu banget untuk UMKM dalam mengembangkan usahanya ya? Perlu nih diinstal juga di ponsel saya.

    ReplyDelete
  7. bagus banget terobosannya Akseleran ya?
    mempertemukan 2 pihak yang saling membutuhkan
    Tanpa Akserleran, UMKM terpaksa pinjam ke bank
    dan .....belum tentu diterima :(

    ReplyDelete
  8. Banyak UKM seperti saya yang bisnisnya terhempas karena pandemi. Sebagian besar memang butuh suntikan dana atau memerlukan pinjaman tapi masih ragu karena alasan riba

    ReplyDelete
  9. Whoa, Akseleran makin mantuull!
    Memang kiprah Akseleran dan kontribusi terhadap pengembangan UMKM sungguh luar biasa ya Mba.

    ReplyDelete
  10. Akseleran sangat membantu untuk UMKM bisa survive di masa pandemi ini, apalagi telah terdaftar di OJK jadi makin tenang ya

    ReplyDelete
  11. UMKM memang membutuhkan modal dan kalopun ada yang mau meminjamkan modal atau mungkin investasi pada UMKM tersebut tentunya sangat membantu.

    ReplyDelete
  12. Saya juga udah coba nih pakai Akseleran, sejak setahun yang lalu kayaknya. Sampai lupa euy, belum cek akunnya lagi sekarang hahhaha..semoga udah ada perkembangan

    ReplyDelete
  13. wah sudah terdaftar di OJK, pemodalnya lebih tenang dan pelaku UMKMnya bisa terus jalan. Saling bantu, keren banget yang punya ide akseleran ini...

    ReplyDelete
  14. Kemajuan teknologi memberi banyak kemudahan ya, termasuk dalam hal pendaan UMKM seperti ini. Hadirnya Akseleran pastinya sangat membantu kemajuan UMKM

    ReplyDelete
  15. Sekarang tinggal gimana kita bisa memanfaatkan kemudahan yang ada melalui Akseleran ini dan membuka usaha di rumah ya.

    ReplyDelete

Popular Posts