Tips Bisnis Saat Pandemi: Menjadi Beauty Content Creator!

Featured post

Review PIXY Stay Last Serum Foundation yang Kece dan Super Terjangkau

Halo cantik, aku mau share ke kalian tentang foundation yang kece nih. Produk lokal ini harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, yaitu PIX...

Tuesday, 24 November 2020

Tips Bisnis Saat Pandemi: Menjadi Beauty Content Creator!


Halo semua, semoga masih sehat semua ya! Karena pandemi yang masih berlangsung, banyak di antara kita yang menginginkan penghasilan tambahan. Ternyata, mendapatkan uang tidak hanya dari menjual barang lho. Ada cara lain selain membuka online shop atau menjual makanan rumahan.

Pesatnya perkembangan industri kecantikan bisa memberi efek yang berbeda bagi tiap wanita, bahkan juga pria. Kalian pasti tahu beberapa nama beauty content creator yang sudah malang melintang di Indonesia beberapa tahun ini.


Beragamnya produk kecantikan terbaru membuat pilihan menjadi lebih luas dan seakan tidak terbatas. Selain itu timbulnya minat akan produk kecantikan juga turut menghadirkan berbagai profesi baru yang kini mulai dilirik.

Kebetulan saya saat ini merintis menjadi beauty blogger, walaupun masih sering membahas isu lain seperti lifestyle dan finansial. Beberapa sahabat saya juga menjadikan beauty vlogger sebagai salah satu penghasilan utama. 


Kualitas Konten yang Dibuat Harus Diperhatikan


Seiring dengan berkembangnya dunia kecantikan, kini sudah banyak yang menjadikan profesi beauty blogger sebagai pekerjaan sampingan, bahkan banyak yang menjadikan pekerjaan utama. Tidak sekadar bercerita tentang produk yang pernah dipakai, beauty blogger juga memiliki tanggung jawab untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas sehingga bisa memberi efek positif bagi pembacanya. Tak terkecuali saat membuat review sebuah produk kecantikan. 

Penting sekali membuat artikel yang berbobot dan dibuat secara objektif. Karena jika kualitas review yang kamu hadirkan jelas, detail, dan isinya meyakinkan, secara perlahan hasil karya kita akan dikenal banyak orang. Pada akhirnya muncul kesempatan bekerja sama dengan brand sebuah produk kecantikan. 

Sebisa mungkin menuliskan review secara jujur dan beretika. Memang terkadang ada kendala saat review produk dan ternyata tidak cocok di diri kita, padahal produk ini merupakan pekerjaan yang dibayar. Untuk menyiasatinya, bisa didiskusikan kembali dengan brand yang memberi pekerjaan.

Ada beberapa solusi, antara lain mengembalikan fee yang sudah dibayar dan tidak jadi mereview produk tersebut. Atau tetap direview, tetapi bahasanya lebih diperhalus sehingga tidak cenderung menjatuhkan produk.

Intinya semuanya balik kembali ke pengalaman masing-masing. Tetapi semakin banyak berkarya, semakin kita menemukan style menulis atau membuat video masing-masing.




Modal Awal Sebagai Beauty Content Creator

Bagi yang masih ingin merintis menjadi beauty content creator, terkadang masalah dana dapat menjadi bumerang. Jika terlalu asyik membeli produk kecantikan tanpa mengalokasikan dana terlebih dahulu, bisa-bisa kamu terjebak dalam gaya hidup konsumtif, walaupun mungkin dengan alasan awal untuk membuat konten.

Kita harus memperhatikan cara efektif dalam membeli produk kecantikan yang kita inginkan tanpa menjadi boros. Ada beberapa aturan penting dalam mengalokasikan uang untuk membeli berbagai produk kecantikan. 

Planning atau perencanaan tidak hanya penting dibuat saat menentukan konten yang ingin ditulis, tapi juga perencanaan dalam menentukan budget untuk membeli produk kecantikan.

Setelah budget untuk produk kecantikan dimiliki, kamu tidak serta-merta langsung membelinya. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa efektif produk tersebut. 

Produk kecantikan sebaiknya dibeli dengan menyesuaikan kemampuan yang dimiliki. Jika keuangan tidak mencukupi, kamu bisa mencari produk alternatif lain atau dupe-nya. Sebaiknya dana untuk membeli produk kecantikan baru bisa kamu gunakan setelah seluruh kebutuhan dan biaya primer terpenuhi. Mungkin kita bisa mengalokasikan 10% dari seluruh pemasukan.

Selain itu, kamera juga menjadi faktor penting lho. Karena, untuk membuat video, setidaknya menampilkan kualitas video yang jernih. Begitu juga dengan menulis di blog, pastinya agar menarik harus dilengkapi ilustrasi photo yang jelas. Tidak perlu membeli kamera yang paling mahal, cukup yang sesuai kebutuhan saja. 

Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri, termasuk menjadi beauty content creator. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. 

Kalau masih bingung mau mencari tambahan modal ke mana, kalian bisa mencoba Tunaiku!

Info lebih lanjut, bisa klik di sini


Praktis Memulai Usaha dengan Tunaiku

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman dan terpercaya.



Bagi kalian yang butuh dana tunai tanpa jaminan langsung cair untuk memenuhi kebutuhan mendesak untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga, silakan mencoba fasilitas Tunaiku.

Perbedaan Tunaiku dengan situs fintech lain yang ada di Indonesia ada pada 2 hal penting yaitu keamanan dan fleksibilitas. Berbeda dengan situs fintech biasanya, Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi karena Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabah kami. 

Untuk fleksibilitas, Tunaiku juga cukup berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Tunaiku juga menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibanding layanan KTA tradisional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan KTA online maupun offline. 

Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, serta proses pengajuan KTA yang hanya bermodalkan KTP dan 10 menit waktu untuk pengisian formulir.


Nah, semua tips untuk memulai bisnis baru sudah aku paparkan nih. Kalau persiapan sudah matang, jangan lupa untuk dibuat kontennya ya! 

Terima kasih sudah membaca blog ini, apakah di antara kalian ada tips tambahan untuk menambah uang saku saat pandemi? Silakan share di kolom komentar ya!


15 comments :

  1. Kalau sudah diawasi OJK tuh saya merasa aman, tapi nggak hanya itu perlu hal2 lain yang perlu diperhitungkan juga saat akan meminjam

    ReplyDelete
  2. Kalau mau menambah saku di saat pandemi ini, coba cari-cari situs yang menawarkan bisnis afiliasi. Jadi kalau sudah berkreasi di account sosmed, jangan lupa selipkan link afiliasi supaya ada komisi yang masuk ke dompet kita ketika penonton tertarik untuk membeli produk yang kita sebutkan.

    ReplyDelete
  3. tapi tetap harus di cermati kalau pinjam dana untuk kebutuhan belanja tidak di sarankan ya mbak :) kalau untuk kebutuhan yang memang urgent boleh banget

    ReplyDelete
  4. Thank you untuk sharing nya beb aku jadi dapet ilmu baru. Sangat bermanfaat sekali menambah ilmu di dunia content creator. Sukses terus ya beb

    ReplyDelete
  5. makasih mba sharingnya, pengen sebenarnya merambah dunia beauty eh tapi saya masih belum sanggup, masih harus banyak belajar lagi

    ReplyDelete
  6. Eh aku gara-gara pandemi bener-bener fokus terjun ke beauty dan dapet sedikit penghasilan dari sana.

    ReplyDelete
  7. Dulu mulai ngeblog tuh ditawarin barter aja uda hepi. Untung semakin ke sini pekerjaan ini semakin 'dihargai' dan bisa menjadi profesi, serta diberi upah yang layak 🙃

    ReplyDelete
  8. jadi beauty creator itu lumayan banget ya mbak, bisa menambah penghasilan dimasa pandemi ini.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ya Kak dengan adanya creator ini, menjadikan kita lebih produktif di rumah dan bisa menghasilkan rupiah dengan hal yang kita senangi. Soalnya kan wanita dekat sekali dengan make up.

    ReplyDelete
  10. mudah sekali yah mba sebenernya kalau mau buka usaha dan gak ada modal bisa pakai tunaiku, yang penting kita bisa menjaga konsistensi kita ke usaha tersebut sehingga tidak hanya bisa mengembalikan modal tapi juga bisa dapat cuan

    ReplyDelete
  11. Tenang kalau fintech yang dipercaya sudah dibawah naungan OJK.
    Memang berbisnis itu perlu modal selain ilmu yaa..beneran uang untuk menjalankannya.

    ReplyDelete
  12. Makin banyak aja nih aplikasi pinjaman online yang bisa membantu kita untuk buka usaha kecil-kecilan. Gede banget sih limitnya Tunaiku ini bisa pinjam sampai 20jt.

    ReplyDelete
  13. Beauty content creator sekarang sudah sangat banyak apalagi di masa pandemik spt saat skrg ini, but tetap jd pilihan yg menarik

    ReplyDelete
  14. jadi inget dulu awal awal aku juga struggling banget karena butuh modal. Tapi emang aku sadar semuanya butuh usaha dan modal, kalo sabar pasti membuahkan hasil kok

    ReplyDelete

Popular Posts