Tips Mengatur Dana Pensiun Sejak Dini

Featured post

Review PIXY Stay Last Serum Foundation yang Kece dan Super Terjangkau

Halo cantik, aku mau share ke kalian tentang foundation yang kece nih. Produk lokal ini harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, yaitu PIX...

Thursday, 1 July 2021

Tips Mengatur Dana Pensiun Sejak Dini


Dana pensiun haruslah disiapkan secara matang sejak awal agar setiap kebutuhan di hari tua dapat tercukupi. Mengingat betapa pentingnya dana usia tua, hal inilah yang membuat para remaja yang berlomba-lomba untuk menyiapkan tabungan untuk masa depan. Lalu, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat mempersiapkan tabungan pensiun?



Menyiapkan modal untuk hari tua tidaklah mudah. Anda harus bekerja keras di usia muda agar dapat menabung dengan jumlah yang besar. Selain menabung, Anda juga harus melakukan investasi sejak dini atau bahkan melakukan pinjaman uang untuk menabung. Namun, masih ada beberapa hal lagi yang harus Anda ketahui saat menyiapkan dana pensiun seperti yang akan kami bahas berikut ini.


6 Tips Mengatur Dana Pensiun untuk Hari Tua

Untuk menghindari finansial buruk saat tua, Anda harus menyiapkan tabungan yang cukup. Oleh karena itu, yuk simak apa saja tips dalam mengatur dana pensiun yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini.


1. Cicil Properti Sejak Muda

Tips pertama yang harus Anda lakukan saat menyiapkan dana pensiun adalah dengan membeli properti sejak muda. Properti harus disiapkan lebih dulu agar Anda dapat menabung uang untuk keperluan lainnya. Selain itu, properti juga dapat menjadi investasi karena nilai atau harganya akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.


2. Pakai Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan sangat bermanfaat jika suatu saat Anda mengalami masalah kesehatan dan harus mendapatkan penanganan yang serius di rumah sakit. Asuransi kesehatan akan menangani semua jenis pengobatan yang Anda lakukan. Dan tentunya dengan adanya asuransi ini Anda lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perawatan.


3. Jangan Bergantung Pada Perusahaan 

Tips selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah pastikan untuk tidak bergantung pada perusahaan. Tidak sedikit pegawai yang terlalu bergantung pada gaji dari perusahaan yang menyebabkan gangguan finansial hingga melakukan pinjaman uang. Pastikan memiliki minimal satu usaha sampingan yang dapat membantu kondisi keuangan Anda.


4. Ikut Program Dana Pensiun

Jika Anda adalah salah satu nasabah bank, maka Anda dapat mengikuti program dana pensiun yang banyak dilakukan oleh banyak bank di Indonesia. Program dana pensiun ini bertujuan untuk membantu Anda dalam menyiapkan dana pensiun dengan terencana. 


5. Pisahkan Dana Pensiun

Untuk mempersiapkan dana pensiun secara matang, alangkah baiknya Anda memisahkan tabungan pensiun dengan tabungan lainnya. Hal ini bertujuan agar tabungan hari tua Anda tidak terganggu untuk kepentingan lainnya. Anda dapat membuka sebuah tabungan baru di bank yang Anda percaya dan khususkan untuk menabung dana pensiun.


6. Melunasi Hutang 

Jika Anda memiliki pinjaman uang yang harus dibayarkan, maka lebih baik untuk membayar hutang tersebut lebih dulu. Jika memungkinkan Anda harus sudah melunasi semua utang yang Anda miliki sebelum memasuki waktu pensiun. Hal ini bertujuan agar hidup Anda dapat lebih sejahtera setelah masa pensiun.


Nah itulah 6 tips yang harus Anda ketahui ketika mempersiapkan dana pensiun. Selain menyiapkan berbagai hal seperti di atas, Anda juga dapat menyiapkan dana hari tua dengan mengajukan pinjaman uang ke Tunaiku. Kenapa harus mengajukan pinjaman ke Tunaiku?

Karena Tunaiku sebagai fintech terbaik di Indonesia menawarkan pinjaman dana untuk Anda mulai dari 2 juta hingga 12 juta rupiah. Yang menariknya adalah lama pinjamannya berkisar antara 6 bulan hingga 20 bulan. Selain itu, Anda tidak memerlukan agunan apapun sebagai jaminan, Anda hanya perlu menyiapkan KTP untuk melakukan verifikasi identitas.

Sebagai produk bank Amar yang sudah terdaftar OJK sejak tahun 2014 lalu, Tunaiku sudah membantu lebih dari 4,6 juta pengguna dengan biaya lebih dari 4 triliun rupiah. Anda pun tidak perlu khawatir data pribadi akan bocor, karena Tunaiku sudah meraih sertifikasi ISO 27001. Jadi, tunggu apalagi? yuk segera penuhi dana pensiun dengan Tunaiku!


Sumber:

republika co id : ingin-sejahtera-saat-pensiun-ini-5-cara-mewujudkannya

duwitmu com : 5-langkah-mudah-rencana-dana-pensiun

cermati com : 5-cara-aman-menyiapkan-dana-pensiun-dini

tunaiku com


0 komentar :

Post a Comment

Popular Posts